Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:19 WIB

Erry Sulistio, Memoles NorthCliff Jadi Besar

Jumat, 24 Mei 2019 | 17:17 WIB
Erry Sulistio, Memoles NorthCliff Jadi Besar
Erry Sulistio - (Foto: istimewa)

Erry Sulistio ingin NorthCliff menjadi konglomerasi bisnis keuangan di Indonesia dan mancanegara.

Hanya sedikit pengusaha seperti Erry Sulistio, berinvestasi dulu di luar negeri, baru kemudian di Indonesia. Alasannya, akses keuangan jauh lebih banyak di luar negeri.

"Kalau kita masih berada di lingkungan kita terus, kita tidak akan berkembang," kata pendiri dan CEO PT NorthCliff Indonesia ini beberapa waktu lalu kepada salah satu media online.

Filosofi itu dipegangnya, seperti halnya ayahnya, Muslimin, yang lahir dan besar di Medan, Sumatera Utara. Untuk mengejar karir yang lebih tinggi, Muslimin merantau ke Jakarta, lalu sukses.

"Jika kita mau menjadi perusahaan global, kita harus memulai dahulu dari luar negeri. Setelah dikenal orang luar, baru kita masuk ke dalam negeri," begitu kata lelaki kelahiran Jakarta, 12 Mei 1969 ini.

Tahun 2009 Erry mendirikan Northcliff Capital Ltd dengan kantor pusat di Singapura. Setelah sukses dan dikenal di Singapura, setahun kemudian ia boyong perusahaan itu ke Jakarta dengan nama baru PT NorthCliff Indonesia.

Jadilah PT NorthCliff Indonesia terkenal hingga saat ini. Perusahaan ini fokus pada pembiayaan properti, minyak dan gas, mineral, serta infrastruktur, termasuk ahli di bidang pasar modal, seperti pembiayaan pinjaman saham, repo dan penerbitan utang di pasar modal. Tidak ketinggalan, NorthCliff memiliki spesialisasi dalam transaksi merger dan akusisi serta penasihat keuangan.

Usia 10 tahun boleh dibilang masih "anak bawang" dalam dunia bisnis, tapi tidak bagi NorthCliff. Di usianya seperti ini, NorthCliff telah melahirkan beberapa anak perusahaan, antara lain PT NorthCliff Development, PT Northcliff Citranusa Indonesia Tbk (SKYB), dan PT Media Delapan.

Media Delapan adalah industri hiburan yang dikenal sebagai NorthCliff Media and Entertainment (NCME) dengan dua unit bisnis: NorthCliff Picture dan Acara NorthCliff. Grup usaha ini pernah menggelar konser musik KLA Project.

Bersama PT Simasindo, tahun 2016 NorthCliff mengakuisisi RoomToday, perusahaan start up yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

RoomToday merupakan sistem pemesanan hotel secara online yang didirikan tahun 2015. Aplikasi pemesanan hotel ini memudahkan konsumen melakukan pemesanan hotel secara dadakan (last minute hotel booking) dengan harga terbaik dan dipastikan termurah.

Begitulah NorthCliff Indonesia di tangan "dingin" Erry Sulistio. Awalnya, Northcliff adalah perusahaan advisory. NorthCliff pernah membantu PT Elnusa Tbk (ELSA) menggalang dana (fund raising), PT Radiant Utama Tbk (RUIS), dan berbagai perusahaan lainnya.

Setelah perusahaan berjalan, Erry bertemu Made Adi Wibawa. Dia memang butuh orang di bidang equity dan Adi berlatar belakang equity di perusahaan asset management.

Setelah itu, didirikanlah PT Simasindo Intitama untuk mengakomodasi bisnis investasi Northcliff di pasar saham.

Karyawan adalah teman

Erry memang beda dalam meniti sukses dengan kebanyakan orang. Saat masih bekerja di ING Bank Indonesia dia harus berkompetisi dengan bankir lain yang mayoritas lulusan luar negeri. Secara keilmuan, rekan-rekannya itu memang pintar, tetapi lemah dalam pendekatan pribadi.

Karena itu, menurutnya, meniti karir di perusahaan tak cukup bermodalkan kepintaran, tapi harus meluaskan pergaulan dengan siapa saja. "Saya bisa mendatangkan uang karena pergaulan," katanya.

Kini, Erry bersama timnya terus mengembangkan perusahaan. Ia ingin NorthCliff menjadi konglomerasi bisnis keuangan di Indonesia dan mancanegara.

Itu adalah mimpinya. Tapi mimpinya itu hanya bisa terwujud jika mendapat dukungan karyawan. Karena itu, ia menjadikan karyawan sebagai teman atau saudara.

"Karyawan itu hanya dari pukul 08.00 wib hingga 19.00 wib. Setelahnya menjadi teman atau saudara," katanya beberapa waktu lalu kepada sebuah media online.

Tapi itu bukan berarti Erry diam jika ada karyawan tidak berprestasi. "Otomatis punishment and reward di Northcliff berlaku," ujarnya.

Selain ahli mengutak-atik angka dan memoles perusahaan agar bernilai tinggi, Erry Sulistio juga hobi bermain musik dan sepakbola. Maklum, dulu ayahnya adalah Ketua PSMS Medan dan pengurus PSSI.

Erry pasti orang sibuk--mengurus dan mengelola berbagai perusahaan ditambah hobi bola dan musik. Tetapi dia selalu menyediakan waktu untuk keluarga. Dia sadar, tanpa dukungan keluarga, dia tidak berada di panggung seperti sekarang ini. [lat]

Komentar

x