Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 12:21 WIB

Kadin: "Lebaran Kali Ini Banyak Gangguannya"

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 25 Mei 2019 | 15:09 WIB
Kadin:
(Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyebut perayaan lebaran pada tahun ini banyak sekali gangguannya.

Wakil Ketua Umum Kadin Suryani S Motik mengatakan ada beberpaa faktor dimana tahun lalu perayaan lebaran tidak lebih bagus dari sebelumnya bagi kondisi ekonomi.

"Karena beberapa temen misalnya terutama di barang-barang konsumsi unilever misalnya dimana tahun lalu produksinya turun 5% pas lebaran. Nah kalau tahun ini juga lebih buruk lagi berarti ada pelemahan kan," kata Suryani dalam sebuah acara diskusi di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat (25/5/2019).

Suryani menyebut pesta demokrasi yang baru saja usai, ternyata tak begitu mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi menjelang lebaran ini, lantaran peredaran uang sampai kalangan bawah tidak banyak terjadi.

"Apalagi pas pemilu kemarin banyak dana tapi tidak digelontorkan ke bawah atau tidak terasa ke bawah dibandingkan Pilkada sebelumnya. Tapi bisa saja itu karena berkurangnya penggunaan kaos dan barang-barang kampanye," katanya.

"Lebaran ini, gangguannya memang banyak. Yang jelas seperti gangguan kemarin (kerusuhan)," tambahnya.

Akibat peristiwa kerusuhan tersebut, apalagi di sentra-sentra ekonomi membuat pendapatan masyarakat menurun, terutama UKM yang berdagang di kawasan Tanah Abang. "Terasa bahwa belum terlalu ramai di UKM dimana biasanya pakaian dan makanan pasti naik konsumsinya. Klo bawang merah, putih, cabai, itu kan basic ingredient Indonesia makanya kalau naik semua teriak," ucapnya.

"Walaupun orang mudik ke Jawa, Kalimantan, Sumatera tapi perputaran uang kan banyak di Jawa. Kalau di Jakarta misalnya Tanah Abang dimana perputaran uangnya luar biasa," tambahnya. [ipe]


Komentar

x