Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 06:19 WIB

Dari Palembang ke Lampung, Cobalah KA Sriwijaya

Selasa, 28 Mei 2019 | 12:17 WIB
Dari Palembang ke Lampung, Cobalah KA Sriwijaya
(Foto: ist)

INILAHCOM, Palembang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kereta baru yakni KA Sriwijaya. Rutenya Stasiun Kertapati (Palembang) menuju Tanjung Karang (Lampung) di musim mudik Lebaran 2019.

Deputy EVP PT KAI Divisi Regional III Palembang Warsono di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (28/5/2019), mengatakan, rangkaian kereta ini resmi beroperasi 27 Mei 2019, mengantikan KA Limeks Sriwijaya yang sudah uzur. "Penggantian kereta lama dengan kereta baru ini merupakan persembahan KAI untuk warga Sumatera Selatan, supaya lebih nyaman berpergian ke Lampung," kata Warsono.

Rangkaian kereta baru ini memiliki susunan, dua kereta eksekutif stainless steal (K1 SS) dan tujuh kereta premium stainless steal (K3 premium SS). Kapasitas satu rangkaian inti memiliki 580 tempat duduk dengan rincian 80 tempat duduk/kereta ekonomi premium dan 50 tempat duduk kereta eksekutif.

Fasilitas kelas eksekutif dilengkapi empat unit televisi yakni masing-masing dua unit televisi berukuran besar di tiap-tiap ujung kereta dan dua unit televisi berukuran sedang diletakkan di bagian tengah pada setiap gerbongnya.

Pada setiap kursi penumpang, terdapat footrest, meja lipat, fasilitas tatakan piring, gelas, gantungan baju, dan lubang headset untuk kebutuhan hiburan audio. Kursi juga memiliki desain yang baru, dengan corak baru berwarna biru-putih dan sandaran punggung yang agak tinggi dan dilengkapi priority seat yang cukup empuk.

Sedangkan fasilitas kelas premium juga tidak jauh berbeda dengan kelas eksekutif. Setiap gerbong dilengkapi dengan empat unit televisi yang terletak di tengah dan bagasi di kabin, yang semula dari rangka besi diganti dengan bagasi kabin layaknya kelas eksekutif. Selain itu, AC juga sudah menggunakan sistem sentralisasi.

Kursi memiliki konfigurasi 2-2 dan dilengkapi priority seat dengan desain yang baru serta sandaran punggung yang empuk. Untuk fasilitas penerangan dilengkapi lampu utama, lampu baca tiap kursi, dan lampu untuk perjalanan malam.
Penumpang KA Sriwijaya rute Palembang-Tanjung Karang di Palembang, Senin (27/5). (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Ia mengatakan, KAI bermaksud melakukan upaya penyegaran rangkaian kereta ini secara bertahap demi kenyamanan penumpang. Dalam waktu dekat, akan dilakukan hal serupa untuk KA Sindang Marga rute Kertapati-Lubuklinggau.

"Nantinya rangkaian kereta yang lama ini yang sebenarnya masih layak akan digunakan untuk menambah rangkaian kereta yang lain, untuk menambah kapasitas terutama dalam menghadapi arus mudik," kata dia.

Jadwal keberangkatan, KA Sriwijaya berangkat dari Stasiun Kertapati pukul 21.00 WIB dan tiba di Stasiun Tanjung Karang pukul 06.10 WIB. Sementara sebaliknya jika berangkat dari Stasiun Tanjung Karang pada pukul 21.00 WIB dan tiba di Palembang pada pukul 06.10 WIB. Harga tiket untuk kelas eksekutif Rp240.000 per orang dan kelas premium Rp190.000 per orang. [tar]

Komentar

x