Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 13:12 WIB

Mudik 2019, Wagub Uu Keluarkan Jurus Zero Accident

Selasa, 28 Mei 2019 | 13:01 WIB
Mudik 2019, Wagub Uu Keluarkan Jurus Zero Accident
(Foto: ist)

INILAHCOM, Bandung - Menjelang mudik Lebaran 2019, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta warga memperhatikan faktor keselamatan demi mengurangi tingkat kecelakaan. Kalau bisa harus zero accident.

Demikian dikatakan Uu Ruzhanul saat ditemui usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 yang digelar di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

Menurut Uu, beberapa langkah antisipasi yang perlu dilakukan terkait faktor dari pengemudi dan kelaikan kendaraan. "Yang paling utama adalah keselamatan dan kecelakaan yang harus diminimalkan, kalau bisa zero (accident)," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap ketika dalam perjalanan mudik para pengemudi dalam kondisi fisik dan batin yang baik. "Saya berharap para pengemudi itu harus benar-benar dalam suasana batin yang tidak terganggu pikirannya, emosionalnya," jelasnya.

Hal kedua, yaitu kelaikan kendaraan. Kata Uu Ruzhanul, kendaraan untuk mudik tidak harus baru tetapi dalam kondisi yang baik dan aman. "Kalau kendaraan kondisinya sudah lama tetapi kalau dirawat dengan baik, remnya berfungsi dengan hebat, dan hal lain. Maka itu akan meminimalkan kecelakaan," paparnya. "Jadi, dua hal yang harus diantisipasi dalam menjaga keselamatan. Pertama, soal manusianya atau sopir. Dan yang kedua kendaraan yang harus baik," sambung Uu.

Terkait pengamanan arus mudik dan Lebaran, Uu menjelaskan, Pemprov Jabar menerjunkan personel gabungan dari Dinas Perhubungan dan dinas terkait lainnya. Selain itu ada pengamanan dari pihak TNI dan Polri. Diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan nyaman dan aman.

"Secara syariat ikhtiar kita sudah maksimal, personel sipil, TNI, Polri dalam melaksanakan pengamanan Idul Fitri, supaya mereka yang melaksanakan Idul Fitri berada dalam keadaan nyaman, tenang, dan aman," harapnya. [ipe]

Komentar

x