Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 13:10 WIB

Dede Minta Kemenaker Pelototi THR Perusahaan

Kamis, 30 Mei 2019 | 13:01 WIB
Dede Minta Kemenaker Pelototi THR Perusahaan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi IX DPR mengingatkan kementerian ketenagakerjaan dan transmigrasi untuk memelototi kewajiban industri membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf 'Macan' Effendi di Baleendah, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019). Apabila ada perusahaan yang belum menunaikan kewajibannya, pemerintah perlu mempelajari musababnya. "Yang belum itu karena apa faktor tidak mampu atau apa? Kami juga (dari Komisi IX) sudah meminta pemerintah melakukan controlling THR. Karena itu sifatnya wajib," papar politisi Partai Demokrat ini.

Mantan artis ini juga mengingatkan bahwa THR merupakan hak setiap karyawan yang sudah bekerja di atas 1 tahun. Mengingat Lebaran sudah di depan mata, industri atau perusahaan perlu memperhatikan masalah ini.

"Ini sudah tinggal satu minggu harapan kami semoga 100% bisa selesai. Hasil temuan dilapangan (ada perusahaan) memending pemberian THR, dan (berjanji) akan dibayar seminggu sebelum hari H Lebaran," katanya.

Dirinya berharap, dalam satu atau dua hari ke depan, perusahaan yang belum menunaikan kewajiban THR dapat menjalankannya. "Pemerintah juga kan baru beberapa hari kemarin menyelesaikan rapelan PNS. Ketika APBN dan APBD baru turun, mungkin ikut berdampak pada perusahaan yang hidupnya dari pembayaran pemerintah," papar mantan Wagub Jabar ini. [tar]

Komentar

x