Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 12:11 WIB

Ronny Sompie Layak Jadi Bos BNP2TKI, Ini Alasannya

Senin, 17 Juni 2019 | 01:01 WIB
Ronny Sompie Layak Jadi Bos BNP2TKI, Ini Alasannya
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98), Willy Prakarsa membeberkan alasan kenapa Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie layak menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di periode kedua pemerintahan Joko Widodo.

Menurut Willy, mantan Kapolda Bali itu dinilai memiliki kemampuan mengurai permasalahan yang ada selama ini di BNP2TKI dan diyakini pemikirannya strategis tetapi mengakar ke bawah. "Ronny Sompie memiliki pemikiran yang strategis tetapi mengakar ke bawah. Beliau insya Allah bisa memberikan solusi atas persoalan yang biasa dihadapi oleh buruh migran selama ini," ujar Willy, Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Dijelaskan Willy, pemikiran Ronny nantinya bisa melakukan kerjasama dengan Kemendikbud yakni diharapkan bisa membangun kemampuan lulusan SMK dan bisa diarahkan kepada bidang yang bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka. Makanya, lulusan SMK bisa tersalurkan mendapatkan pekerjaan.

"Perlu arahan yang betul-betul strategis dan diberikan wawasan agar nantinya bisa tersalurkan dengan baik. BNP2TKI dan Kemenaker dibantu seluruh Dinas Tenaga Kerja Provinsi dam kabupaten atau kota, Kota bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provisni, kabupaten dan kota, bisa turut andil memperbaiki penyiapan SDM lulusan SMK sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerahnya," jelasnya.

Willy bilang, penyiapan tenaga lulusan SMK yang siap pakai bisa menjadi tenaga pemeriksa perlintasan manusia di PLBN, PLB dan setiap perbatasan laut dan darat, perlu kerjasama Poltekim, BPSDM KemenkumHAM, Ditjen Imigrasi, Sekjen KemenkumHAM cq Karowai, demikian juga untuk Bea Cukai dan Karantina dengan Pemda setempat.

Ia melanjutkan, melalui sebuah pemikiran yang sama perihal bagaimana menyiapkan tenaga lokal yang akan memudahkan kegiatan pemeriksaan selain orang juga pemeriksaan barang, hewan, tumbuhan dan penyakit menular melalui penguatan Border Security dan Border Protection di perbatasan yang saat ini sedang dibangun PLBN nya oleh Badan Nasional Pengeloaan Perbatasan.

"Semua penguatan SDM ini sangat memerlukan kerjasama lintas Kementerian dan Lembaga bersama Pemda dalam penyiapannya. Kementerian yang terlibat paling tidak Kementerian Tenaga Kerja juga BNP2TKI, Kementerian terkait. Impian ini insya Allah bisa di wujudkan dibawah kendali Ronny F Sompie jika dipercaya menjabat sebagai Kepala BNP2TKI," pungkasnya. [tar]


Komentar

Embed Widget
x