Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 19:17 WIB

Sekda Jabar Buka Pelatihan Bencana DAS Citarum

Selasa, 18 Juni 2019 | 00:29 WIB
Sekda Jabar Buka Pelatihan Bencana DAS Citarum
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa membuka pelatihan Gerakan Pengurangan Risiko Bencana (GPRB) Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum berbasis Masyarakat, Senin (17/6/2019).

Pelatihan itu diikuti oleh 100 peserta perwakilan dari sembilan desa di Kecamatan Pacet dan Kecamatan Ketasari, Kabupaten Bandung.

Sungai Citarum merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Provinsi Jawa Barat dengan panjang mencapai 269 km dan total area DAS Citarum sebesar 12.000 km persegi. Sungai Citarum memiliki peran strategis bagi kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

Tak heran apabila Pemerintah Pusat via Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI serta Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat bahu-membahu memperbaiki DAS Citarum.

"Seperti yang telah dilakukan oleh TNI khususnya Kodam III Siliwangi di lapangan dengan kerja keras, sekarang Citarum sudah berubah dibandingkan dengan sebelumnya," ucap Iwa.

Menurut Iwa, dengan adanya GPRB DAS Citarum tersebut, koordinasi dan kesadaran masyarakat terkait pembudayaan ramah lingkungan akan melambung. Dengan begitu, risiko bencana di DAS Citarum tergerus. "Pembudayaan masyarakat untuk bisa mengurangi risiko bencana, lalu bagaimana menghadapi bencana dan bagaimana pascabencana," katanya.

Iwa berharap, peserta GPRB DAS Citarum kali ini mampu menjadi motor penggerak untuk menyadarkan masyarakat tidak membuat sampah sembarangan, melarang sekaligus membantu menyelesaikan pembalakan liar hutan maupun perkebunan, dan menanam pohon-pohon keras. [ipe]

Komentar

x