Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 06:01 WIB

Honeywell Forge Mudahkan Digitalisasi Perusahaan

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:30 WIB
Honeywell Forge Mudahkan Digitalisasi Perusahaan
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kini, perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja dengan mengumpulkan, menganalisa hingga mengambil keputusan, semakin mudah. Karena Honeywell (NYSE: HON) telah meluncurkan perangkat lunak kategori baru, yaitu Enterprise Performance Management for Operations Technology.

Di mana, Honeywell Forge ini bertumpu diatas pengalaman perusahaan yang sudah lebih dari 100 tahun berhasil membantu industri kedirgantaraan, bangunan, fasilitas industri dan infrastruktur dalam teknologi pengendalian aset dan proses.

"Honeywell Forge mengubah data berjumlah besar yang dihasilkan oleh peralatan, proses dan para pekerja, hingga menjadi informasi yang intuitif dan bisa langsung digunakan untuk mengambil tindakan yang tepat. Dan, seluruhnya bisa diamati lewat sebuah layar monitor," ujar Roy Kosasih, Presiden Honeywell Indonesia dalam rilis kepada media di Jakarta, Senin (17/6/2019).

"Proses ini memudahkan pemantauan setiap langkah operasional serta meningkatkan efisiensi, keakuratan dan keamanan usaha," lanjut Kosasih.

Honeywell Forge, kata dia, didesain agar dapat menghemat biaya dan mudah diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan hardware/software agnostik, sehingga mudah diadaptasi dan digunakan dengan beragam sistem yang sudah dioperasikan oleh perusahaan.

Informasi saja, Honeywell Forge menggunakan analitik prediktif untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan munculnya masalah pemeliharaan sebelum terjadi. Selain itu, perangkat lunak yang dilengkapi dengan sistem keamanan cyber canggih ini bisa membantu karyawan untuk meningkatkan produktivitas, kehandalan dan keselamatan, serta penghematan biaya.

"Pada umumnya perusahaan besar di penjuru dunia tidak memiliki kemampuan untuk memantau langsung kinerja operasional mereka secara keseluruhan, dari atas hingga yang paling bawah. Selain itu, mereka juga tidak memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi yang tepat dari beragam sumber data mereka. Kondisi tersebut menandakan bahwa sistim yang mereka gunakan tidak terhubung dengan baik sehingga memperlambat pertumbuhan dan mengurangi keuntungan mereka," ujar Que Dallara, president dan chief executive officer Honeywell Connected Enterprise.

Menurutnya, Honeywell Forge memudahkan para pemimpin bisnis untuk memantau langsung kinerja perusahaan di setiap tahap, hingga mereka dapat mengubah dan meningkatkan operasional perusahaan dengan cepat dan efisien dengan gangguan minimum. Hal tersebut memungkinkan pengalihan sumber daya untuk inovasi dan pertumbuhan.

Berdasarkan survei Honeywell, lebih dari 80% eksekutif berpendapat bahwa proses digitalisasi perusahaan harus dilakukan secara keseluruhan. Selain itu, kemampuan pengelolaan usaha yang terhubung akan menghasilkan informasi prediktif yang andal, disertai dengan peningkatan keamanan dan keselamatan, peningkatan efisiensi dan profitabilitas dari rantai pasokan, penghematan sumber daya, serta menjaga keberlangsungan operasional.

Kini juga telah tersedia Honeywell Forge untuk memudahkan pengelolaan gedung. Perangkat lunak ini meningkatkan proses manajemen gedung agar pemilik maupun pengelola, bisa mengurangi pengeluaran penggunaan listrik, mengoptimalkan penggunaan ruang yang tersedia di seluruh gedung dan meningkatkan kenyamanan penghuni gedung.

"Setiap bangunan bisa menghasilkan banyak data tentang kinerja dan penggunaan fasilitasnya. Namun semua itu tidak ada gunanya jika data sulit diakses, dipahami atau digunakan untuk mendapatkan informasi yang tepat. Perangkat lunak yang tepat akan mentransformasi operasional gedung karena data yang dihasilkan akan dengan mudah dipahami dan digunakan oleh pemilik dan pengelola untuk meningkatkan kinerja dan keuntungan usaha," ujar David Trice, vice president dan general manager, Honeywell Connected Enterprise, Buildings.

"Honeywell Forge for Buildings ini adalah sebuah perangkat lunak yang terbuka dan bisa digunakan dengan sistim lain yang sudah terpasang, bisa ditambahkan fungsinya sesuai kebutuhan dan mudah penggunaannya. Dalam waktu kurang dari sehari sejak dipasang, Anda bisa langsung meninjau kinerja operasional gedung dari mana saja, termasuk kedai kopi favorit," imbuh David.

Saat ini, para pemilik gedung masih menggunakan sistim yang tidak seragam antar aset. Acapkali sistem tersebut tidak terhubung dan tidak kompatibel satu sama lain sehingga membutuhkan pemeliharaan manual. Hal ini mengakibatkan kondisi operasional yang tidak baik dimana data dari masing-masing perangkat tidak bisa digunakan, tim dan sistim tidak terhubung, penggunaan ruang berlebihan atau kekurangan hingga kenyamanan pengguna dan penghuni terganggu.

Lebih dari 90% pengelola gedung yang disurvei Honeywell, setuju bahwa sistem manajemen perusahaan yang lebih baik dapat membantu meningkatkan manajemen sumber daya, menghindari waktu henti yang tidak direncanakan dan memberikan informasi prediksi untuk membuat fasilitas lebih aman.

Dengan Honeywell Forge for Buildings, biaya operasional bisa ditekan hingga 25% dan semua komponen operasional bisa terpantau dengan jelas hingga pengendalian sistim dan proses menjadi mudah untuk setiap gedung maupun seluruh rangkaian gedung-gedung yang masuk dalam portofolio.

"Kami bertanggung jawab atas beroperasinya lebih dari 50 gedung di penjuru dunia. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kami dapat memantau dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat hingga efisiensi dan keuntungan bisa terjaga," ujar Martin Frohock, kepala bagian UK & EMEA, Arm, sebuah perusahaan semikonduktor multinasional dan desain perangkat lunak. [tar]

Komentar

x