Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 05:22 WIB

Konstruksi Smelter PT Amman Mineral Mulai 2020

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 18 Juni 2019 | 16:30 WIB
Konstruksi Smelter PT Amman Mineral Mulai 2020
Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makkasau

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makkasau mengungkapkan, pembangunan pabrik pengolahan atau smelter tetap di Sumbawa Barat konstruksinya dimulai pada pertengahan 2020 nanti.

"Untuk smelter kami tetep fokus dan serius pengembangan di Sumbawa Barat. Enggak ada yang berubah. Mudah mudahan full operasi bisa mulai akhir tahun 2022. Dan full operasi akhir tahun 2023 (kapasitas full)," kata Rachmat di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Menurut dia, perusahaan saat ini tengah fokus menyelesaikan rekayasa teknik atau Front End and Engineering Design (FEED) untuk proyek smelter. "Prosesnya berjalan sesuai rencana," kata dia.

Nah, kata dia, bila proses FEED sudah selesai, maka perusahaan akan langsung memulai proses Engineering, Procurement and Construction (EPC). Pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk bermitra dalam membangun smelter.

"Jadi konstruksinya secara umum bisa dimulai di pertengahan tahun depan, dan proses pengerjaannya bisa 2,5 tahun lah," kata dia.

Dia merinci, untuk membangun smelter ini sudah disiapkan lahan seluas 100 hektare (ha) yang telah dimiliki sepenuhnya oleh Amman Mineral. Nantinya, smelter yang berada di Sumbawa ini akan memiliki berkapasitas 1,3 juta ton. "Kapasitas (smelter) kami 1,3 juta ton per tahun," ujar dia.

Adapun, sampai dengan Januari 2019, kata dia, progres pembangunan smelter Amman sudah sebesar 13,6%. Pada akhir Juli 2019 nanti baru akan dilakukan evaluasi progres

"Evaluasi berikutnya di akhir Juli. Tiap enam bulan kan ada evaluasi indepent surveyor," kata dia.[jat]

Komentar

x