Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 05:23 WIB

5 Tahun Jabat Menteri, Amran Pamer Ini

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 18 Juni 2019 | 17:23 WIB
5 Tahun Jabat Menteri, Amran Pamer Ini
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Hampir 5 tahun menjabat sebagai Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berterima kasih kepada seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian baik yang di pusat maupun daerah.

Hal tersebut dikatakan Amran dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) 2019 bertemakan "Mewujudkan Sektor Pertanian Nasional yang Berdaya Saing Melalui Peningkatan SDM Pertanian Berkualitas dan Pembangunan Infrastruktur Pertanian" yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian dari 34 Provinsi di Tanah Air di Bogor, selasa (18/6/2019).

Amran mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementan, juga para Kepala Dinas lingkup Pertanian Provinsi/Kabupaten/ Kota yang telah berperan aktif dalam melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pasokan dan distribusi pangan tetap terjaga dan terlaksana dengan baik.

"Alhamdulillah, selama empat setengah tahun kinerja Kementerian Pertanian 2015-2019 telah menorehkan berbagai hasil yang menggembirakan. Terbaru, kita berhasil mempertahankan predikat Wajib Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan BPK selama tiga tahun berturut-turut," ucap Amran.

Prestasi lain di sektor pertanian adalah peningkatan PDB sektor pertanian 2014-2018 secara drastis. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), PDB sektor pertanian tercatat naik Rp400 triliun sampai Rp500 triliun. Total akumulasi mencapai Rp1.370 triliun.

"Peningkatan PDB pertanian didorong oleh peningkatan volume ekspor. Jika pada 2013 ekspor hanya mencapai 33 juta ton, maka pada 2018 ekspor pertanian mencapai 42 juta ton," beber Amran.

Dua torehan positif lainnya yang turut disebut oleh Amran adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor pertanian dan inflasi pangan. Pertumbuhan ekonomi pertanian Indonesia mencapai 3,7%, melampaui target yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 3,5%.

Sementara inflasi pangan selama periode 2014-2017 juga menunjukkan tren yang positif. Pada tahun 2017, inflasi pangan bisa ditekan hingga 1,26%. Capaian tersebut menunjukkan inflasi pangan sudah jauh lebih terkendali, terutama bila dibandingkan inflasi pangan tahun 2014 yang mencapai 10,57%.

"Saya harapkan kedepannya agar Bapak/Ibu seluruh jajaran insan pertanian dapat bekerja lebih giat lagi dalam meningkatkan produksi pertanian serta mewujudkan pertanian yang berdaya saing, dan kualitas SDM pertanian yang lebih baik sehingga terwujud pertanian nasional tangguh dan dapat diandalkan dalam membangun perekonomian bangsa," ujar Amran.[jat]

Komentar

x