Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 06:01 WIB

Gerai Giant Boleh Tutup, Hak Karyawan Harus Jelas

Rabu, 26 Juni 2019 | 05:09 WIB
Gerai Giant Boleh Tutup, Hak Karyawan Harus Jelas
Anggota DPR asal Nasdem, Okky Asokawati - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Penutupan enam gerai Giant di Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke sejumlah karyawan Giant. Hak-hak karyawan diingatkan agar tidak diabaikan.

Anggota DPR asal Nasdem, Okky Asokawati mengingatkan manajemen Giant agar memenuhi hak-hak karyawan yang menjadi korban PHK, imbas penutupan emab gerai Giant di sejumlah tempat di Jakarta dan sekitarnya. "Saya mengingatkan agar hak-hak karyawan tidak diabaikan sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatru di Pasal 156 ayat (2) UU 13 Tahun 2003," ujar Okky di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Selain itu, kata Okky, hak-hak karyawan lainnya seperti Jaminan Hari Tua (JHT) sebagai komponen dari BPJS Ketenagakerjaan juga dapat dipenuhi oleh manajemen Giant kepada karyawan. "Jaminan Hari Tua (JHT) juga harus dipenuhi kepada karyawan yang di-PHK," tambah politisi Partai NasDem.

Terkait dengan sejumlah karyawan yang di-PHK, Okky menyebutkan agar pemerintah daerah melalui dinas ketenagakerjaan dapat melakukan pendataan terkait mereka yang menjadi korban pemecatan.

"Data tersebut penting untuk memastikan mereka yang menjadi korban pemecatan dapat diarahkan dengan membuat usaha baru atau disalurkan ke tempat pekerjaan yang bisa ditempati oleh para korban PHK," saran Okky.

Sebagaimana dimaklumi, sebanyak enam gerai Giant akhir bulan Juni ini akan ditutup operasionalnya. Imbas dari penutupan tersebut karyawan yang bekerja di enam gerai tersebut diputus hubungan kerjanya. [ipe]


Komentar

x