Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 06:07 WIB

Periode Kedua, Jokowi Lebih Pro Pengusaha Kecil?

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 1 Juli 2019 | 01:07 WIB
Periode Kedua, Jokowi Lebih Pro Pengusaha Kecil?
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Maruf Amin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Maruf Amin diharapkan lebih peduli terhadap pengusaha kecil. Lalu, bagaimana caranya kepedulian Jokowi dan Amin kepada usaha kecil?

Ekonom muda Indef, Bhima Arya Yudhistira mengatakan, caranya adalah mengontrol dan mengendalikan barang impor untuk jual beli online. Sebab hampir 90% barang itu dari luar negeri yang diimpor. "90% lebih barang ecommerce adalah barang impor. Itu memukul sekali perekonomian usaha kecil," Kata Bhima dalam pesan singkat, Minggu (30/6/2019).

Menurut Bima, apabila kondisi ini secara terus menerus dibiarkan maka berdampak buruk pada perekonomian Indonesia. Sebab, jika perdagangan impor meningkat, defisit neraca perdagangan Tanah Air semakin melebar dan berujung pada rapuhnya struktur ekonomi dalam negeri.

Sementara untuk meningkatkan ekspor, kata dia, kuncinya ada di barang itu sendiri. Atau kualitas barang. Dengan kualitas barang yang baik, maka akan membuka peluang meningkatkan ekspor. "Untuk atasi pelemahan ekspor kuncinya ada di peningkatan daya saing produk," Kata dia.

Kemudian, pemerintah juga harus pintar-pintar dalam mengambil peluang. Peluang di tengah perang dagang yang saat ini sedang terjadi. "Diversifikasi tujuan ekspor ke negara alternatif dan mengambil peluang di era perang dagang," Kata dia. [ipe]




Komentar

x