Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 18:36 WIB

Lobi Aramco Belum Deal, Pangeran Arab Kunjungi RI

Rabu, 3 Juli 2019 | 07:09 WIB
Lobi Aramco Belum Deal, Pangeran Arab Kunjungi RI
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut rencana kunjungan Pangeran Mohammad bin Salman (MbS), putra mahkota Arab Saudi ke Indonesia guna merealisasikan sejumlah investasi. Termasuk investasi Aramco di Kilang Cilacap.

Luhut menjelaskan, rencana tersebut diungkapkan Pangeran Mohammad bin Salman dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi dalam rangkaian KTT G20 di Osaka, akhir pekan lalu.

"Nanti Prince MbS akan datang ke Indonesia tahun ini, tinggal atur bulan. Pas sambil menunggu finalisasi Aramco masuk di Cilacap," kata Luhut di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Menurut Luhut, saat ini, Aramco dan Pertamina tengah memfinalisasi studi mengenai proyek kilang Cilacap. Keduanya, disebut Luhut, telah menunjuk konsultan independen untuk menentukan valuasi proyek kilang tersebut.

Ia menambahkan, jika jadi menggarap kilang Cilacap, total investasi yang masuk ke Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$7 miliar. Pangeran MbS, lanjut Luhut, juga menjanjikan untuk segera melakukan investasi besar-besaran ke Indonesia. Hal itu dilakukan atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi dalam Pemilu lalu.

"Prince MbS menjanjikan akan masuk besar-besaran di Indonesia karena melihat terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo yang dinilai kredibel. Dia juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Jokowi," katanya. "Raja Salman juga akan membantu nanti dalam banyak hal. Artinya kerja sama Saudi dengan Indonesia itu akan lebih dekat lagi," tambah Luhut. [tar]

Komentar

x