Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 18:32 WIB

Uu Ingin Koperasi Jabar Beralih Garap Sektor Riil

Minggu, 7 Juli 2019 | 06:09 WIB
Uu Ingin Koperasi Jabar Beralih Garap Sektor Riil
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menilai, sektor riil menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan koperasi dibanding usaha simpan pinjam.

Di samping bisa mendatangkan untung besar, risiko kerugian bisnisnya juga minim. Demikan dikatakan Uu saat menghadiri penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Koperasi Anggota Dekopinda Hasil Seleksi Angkatan III dan IV di Hotel Bumi Kitri Pramuka, Cikutra, Kota Bandung, Jumat (5/7/19).

Diklat ini digelar hasil kerja sama Dekopinwil Jawa Barat, SBM ITB, dan Pemda Provinsi Jawa Barat. "Jadi, berdasarkan pengalaman kami bergerak dalam bidang koperasi maka yang paling menguntungkan dan juga tidak gambling, yaitu ke sektor riil," ujar Uu.

"Sehingga uang bisa cepat kembali dan juga untungnya lebih besar. Kalau sekarang meminjamkan (usaha koperasi simpan pinjam) itu untuk margin keuntungan diatur oleh BI (Bank Indonesia), tetapi untuk sektor riil terserah, bahkan bisa lebih besar," lanjut Uu.

Untuk itu, Uu mendorong koperasi di Jabar beralih usaha ke sektor riil. Hal tersebut bisa dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga atau badan usaha yang bergerak di bidang usaha barang atau jasa. "Karena dulu saya bergerak dalam bidang koperasi, kemudian berpindah ke lembaga keuangan agak kerepotan," kata Uu.

Uu berharap, koperasi bisa menjadi daya dorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perluasan lapangan pekerjaan. Wagub pun mengapresiasi kegiatan Diklat tersebut, terlebih banyak dari para peserta yang hadir adalah kaum muda. [tar]

Komentar

x