Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:12 WIB

Inilah Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Hijau

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 10 Juli 2019 | 16:25 WIB
Inilah Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Hijau
Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya Bakar - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya Bakar menuturkan pembangunan infrastruktur hijau penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan. Sebab, hanya dengan infrastruktur hijau atau ramah lingkungan, pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

Hal tersebut dikatakan Siti Nurbaya dalam acara The Launching of OECD Green Growth Policy Review of Indonesia 2019 di kantornya, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

"Pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan memiliki peran penting untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional secara berkelanjutan," kata Siti Nurbaya.

Menurut Siti, OECD telah memberikan penilaian berbasis bukti, serta memberikan rekomendasi kebijakan untuk Pemerintah Indonesia untuk memastikan pertumbuhan hijau yang terintegrasi ke dalam proses perencanaan, kebijakan ekonomi, sektoral, dan selaras dengan lanskap sosial etno-budaya.

"Kita berharap dengan review yang diberikan oleh OECD ini bisa menguatkan komitmen dan meningkatkan kualitas kebijakan dan aksi yang benar-benar dapat mewujudkan lingkungan hidup yang dan sehat serta mensejahterakan hidup dan kehidupan," harapnya.

Informasi saja Organisation for Economic Co-operation and Development atau biasa disingkat OECD merupakan organisasi yang menyediakan forum bagi 36 negara anggotanya untuk bekerja bersama mengatasi tantangan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkaitan dengan globalisasi. Nah Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang siap direview terkait pembangunan ekonomi berbasiskan lingkungan hidup.

"Beberapa kebijakan dan aksi yang direkomendasikan telah atau sedang dilaksanakan oleh Indonesia. Namun, saya berharap hasil kajian dan rekomendasi OECD GGPR Indonesia ini membantu kita untuk memperkuat dan meningkatkan aksi dalam mengatasi tantangan dan menerapkan kebijakan pertumbuhan hijau secara lebih afektif dan efisien," Pungkas Siti. [hid]

Komentar

x