Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:06 WIB

Pertamina 'Pede' Valuasi Kilang Cilacap Selesai

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 19 Juli 2019 | 00:05 WIB
Pertamina 'Pede' Valuasi Kilang Cilacap Selesai
Direktur Keuangan Pertamina, Pahala Mansyuri - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pembangunan kilang Cilacap antara PT. Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco sampai sekarang masih dilakukan pembahasan yang berkaitan valuasi aset.

Direktur Keuangan Pertamina, Pahala Mansyuri mengatakan sekarang ini pihaknya tengah menunggu tanggapan dari Saudi Aramco untuk membentuk tim independen. Nantinya tim tersebut akan menghitung aset kilang Cilacap.

"Kami sedang menunggu tanggapan dari Saudi aramco. Agar sepakat untuk menunjuk satu pihak Tim independent," kata Pahala di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Namun, dia belum bisa mengungkapkan tim independent dari mana yang akan dipakai. Sebab, tim itu akan ditunjuk oleh kedua belah pihak. "Belum. Nanti kami akan tunjuk bersama sama," kata dia.

Meski sampai saat ini belum menunjuk tim independet, tapi pihaknya optimis valuasi aset itu diselesaikan dalam waktu dekat. Sebab, tim itu disepakati Pertamina dan Saudi Aramco.

"Dalam waktu di Bulan September Insya Allah valuasi sudah bisa di selesaikan. September akan Kita selesaikan," ujar dia.

Sekedar diktahui, nilai investasi dari kerja sama ini sebesar US$ 5 miliar atau setara dengan Rp68,5 triliun. Adapun hak kelola Saudi Aramco dan Pertamina di proyek itu tidak berubah, Pertamina mendapat 55% hak kelola, dan sisanya 45% oleh Saudi Aramco.

Proyek Kilang Cilacap diketahui mulai dibahas sejak empat tahun lalu. Proyek ini dimulai dengan ditandatanganinya nota perjanjian atau Head of Agreement (HoA) antara Saudi Aramco dengan Pertamina pada 26 November 2015.

Proyek modifikasi Kilang Cilacap ini awalnya ditargetkan selesai 2021. Namun Pertamina mengatur ulang jadwal tersebut hingga 2023.[jat]

Komentar

x