Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:09 WIB

UBSI, BI & Kompasiana Dorong Milenial UMKM Digital

Jumat, 19 Juli 2019 | 12:09 WIB
UBSI, BI & Kompasiana Dorong Milenial UMKM Digital
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak bersama Bank Indonesia (BI) dan Kompasiana menggelar Workshop UMKM Go Digital. Mendorong milenial masuk UMKM Go-Digital.

Acaranya yang berlangsung di kampur UBSI Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (15/7/2019). Kaprodi Sistem Informasi UBSI Kampus Kota Pontianak, Muhammad Sony Maulana, mengatakan, talkshow UMKM Go Digital ini, merupakan bentuk kerja sama Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan BI dan Kompasiana. Dihadiri lebih dari 200 mahasiswa UBSI Pontianak yang tertarik menjadi entrepreneur.

"Nurulloh selaku Chief Operating Officer Kompasiana, Andi Tri Sutrisno selaku Senior Back Office Departemen Komunikasi, dan Joko Djuniwarto selaku Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pontianak hadir sebagai narasumber pada workshop ini," jelas Sony dalam rilis kepada media di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Sony memaparkan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membentuk pola pikir mahasiswa bahwa sekarang merupakan zaman yang serba digital, artinya sebuah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) pun dapat dilakukan secara digital.

"Selain dapat membangun saluran dagang sendiri, kita dapat memperkenalkan produk kita (branding) lebih luas. Adapun untuk kemudahan akses dari sisi bisnis dan konsumen sebaiknya mahasiswa membangun UMKM digital berbasis mobile application, agar pengguna aplikasi mobile saat ini semakin meningkat mengalahkan aplikasi berbasis website," lanjut Sony.

Andi Tri Sutrisno selaku Senior Back Office Departemen Komunikasi, menjelaskan, UMKM Go Digital merupakan sebuah program yang dibuat karena melihat kondisi UMKM sekarang ini yang masih di lakukan secara tradisional. Di mana, para pelaku usaha kesulitan memasarkan produk mereka. Dengan UMKM Digital ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pemasaran dari UMKM itu sendiri supaya melalui digitalized ini dapat merambah ke dunia internasional.

"Dengan roadshow UMKM Go Digital ke kampus-kampus kami ingin membangkitkan minat mahasiswa agar nanti dapat berwirausaha, karena mindset kebanyakan orang setelah lulus kuliah ya cari kerja, jadi harus diubah mindset itu supaya mereka bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri," jelas Andi.

Sementara, Nurulloh selaku Chief Operating Officer Kompasiana, menerangkan bahwa UMKM Go Digital ini, merupakan bagian dari sosialisasi dan edukasi kepada audience, mahasiswa dan netizen. Selama ini, potensi UMKM di daerah cukup tinggi. "Sebenarnya lebih kepada mengajak bagaimana caranya akselerasi dan ekspansi produk-produk para pelaku usaha melalui channel-channel digital dengan berbagi beberapa teknik dan tips. Tujuannya mengedukasi para mahasiswa untuk lebih bisa mengeksplorasi potensi diri terkait entrepreneurship," kata Nurulloh.

Dia berharap, sosialisasi UMKM Go-Digital ini, bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, kalangan mahasiswa yang tertarik untuk menjadi pengusaha. Harus dibangun kesadaran entrepreneurship demi mendorong laju perekonomian nasional yang dimulai dari daerah. Semuanya hanya bisa apabila kalangan milenial bisa berpikir kreatif. Sehingga bisa melahirkan unit-unit usaha yang menyerap tenaga kerja dari orang-orang sekitar.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Kompasiana dan UBSI kampus Pontianak untuk menggelar kegiatan serupa di lain kesempatan.[tar]

Komentar

x