Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 06:13 WIB

Tiga Inovasi Layanan Publik KLHK Raih Penghargaan

Jumat, 19 Juli 2019 | 14:09 WIB
Tiga Inovasi Layanan Publik KLHK Raih Penghargaan
(Foto: Dok)

INILAHCOM, Jakarta SVLK, Sipongi dan Proper, tiga inovasi pelayanan publik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan pada acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa malam (18/7/2019).

SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) meraih penghargaan sebagai inovasi yang ikut dilombakan di tingkat internasional yaitu pada kompetisi United Nation Public Service Award 2019. Sementara Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan) dan Sipongi (Sistem Informasi Deteksi Dini Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Web) menjadi dua dari 99 Inovasi Pelayanan Publik terbaik tahun 2019 dengan menyisihkan 3.156 pendaftar dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun ini.

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Karliansyah, serta Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ruandha Agung Sugardiman hadir dalam pemberian penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB, Syafruddin.

"KLHK di 2019 memperoleh dua penghargaan KIPP Top 99, yaitu Proper dan Sipongi, di tahun ini juga kita mendapatkan penghargaan atas inovasi di 2018, yaitu SVLK yang dilombakan ditingkat internasional bersama 21 inovasi lainnya yang masuk Top 99 ditahun 2018 yang lalu," ujar Bambang memberikan keterangan seusai acara.

Bambang menambahkan jika prestasi ini menunjukkan bahwa KLHK terus melakukan inovasi dalam pelayanan publik terutama untuk memecahkan persoalan-persoalan di lapangan. Penghargaan ini juga menjadi sebuah sarana serta pemicu percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di KLHK.

Selanjutnya untuk KLHK dalam KIPP sudah tiga kali berturut-turut selalu masuk dalam TOP 99, yaitu tahun 2017, 2018, 2019. Atas prestasi tersebut Bambang mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berterima kasih kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya yang terus memberikan semangat kepada jajaran ASN KLHK agar semakin berorientasi melayani publik. "Ternyata hari ini kita semua bisa merasakan manfaatnya. Sukses untuk kita semua dan tentunya sukses untuk Ibu Menteri LHK," pungkas Bambang. [*]

Komentar

x