Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 06:15 WIB

Pemerintah Dukung UniPin Gelar Kompetisi E-Sports

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 23 Juli 2019 | 15:55 WIB
Pemerintah Dukung UniPin Gelar Kompetisi E-Sports
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Abraham Wirotomo mengatakan, pemerintah mendukung kompetisi sports elektronik (e-sport) yang diselenggarakan UniPin di Jakarta, 8-9 November 2019.

Abraham mengatakan, kegiatan seperti ini akan menjalankan roda perekonomian di dalam negeri. Sebagai contoh industri yang bergerak di bidang ini tentunya akan berkembang. "(e-sport) Ekonomi bisa meningkat 2-4 kali lipat karena industri ini," Kata Abrahan di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Ke depan, kata Abraham, pemerintah akan membuat aturan olahraga elektronik (eSports) demi memajukan industri ekonomi digital di Indonesia. Utamanya adalah memberi perlindungan pada para atlet eSport ttersebut.

"Kami berupaya memberi pengakuan terhadap profesi eSports. Pemerintah akui terlambat seriusi membangun industri eSports. Pemerintah sedang menyusun kebijakan strategi tentang gim," kata Abraham.

Sementara, Founder UniPin, Ashadi Ang mengatakan, berdasarkan riset Newzoo, setidaknya ada 82 juta pengguna internet di Indonesia. Mereka telah membelanjakan uangnya senilai US$1,084 juta untuk menikmati game online.

"Melihat jumlah e-sports yang semakin besar di Indonesia Unipin sebagai perusahaan voucer game online mendukung minat dan hobi dari generasi muda di Indonesia," kata Ashadi.

Acara kompetisi diberi nama SEACA 2019, kata dia, merupakan bentuk nyata dukungan pada e-sports di Indonesia. Dengan demikian dia berharap dalam acara ini tim Indonesia bisa bermain dengan baik. "Sehingga bisa mengharumkan nama tim dari Indonesia," Ujar dia.

SEACA 2019 akan mempertemukan ratusan tim eSports nasional maupun internasional, untuk saling bertempur di 3 game yang sedang populer saat ini: Dota 2, Free Fire dan PUBG MOBILE. Selain itu, juga terdapat ekshibisi game Tekken 7 yang dapat dinikmati oleh para pengunjung SEACA 2019.

Turnamen yang digelar UniPin bukan pertama kalinya. Tahun lalu, UniPin sukses menggelar sebuah turnamen eSports berkelas internasional bertajuk South East Asia Cyber Arena (SEACA) yang digelar pada bulan Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. [ipe]



Komentar

x