Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 13:04 WIB

ESDM Lelang Empat Blok Migas Tahap Tiga

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 27 Juli 2019 | 02:03 WIB
ESDM Lelang Empat Blok Migas Tahap Tiga
Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (Migas) tahap tiga 2010. Ada empat WK yang dilelang ESDM.

Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, empat blok migas yang dilelang sudah memenuhi izin pemerintah daerah terkait tata ruang dan tata wilayah.

"Dalam lelang tahap tiga ini sudah menempuh proses peraturan yang berlaku, seperti izin Pemda terkait Tata ruang dan wilayah," kata Djoko, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Blok migas yang dilelang, kata dia, sebelumnya sudah dipromosikan (roadshow) ke beberapa kontraktor yang berpotensi. Hal ini dilakukan untuk mengukur minat kontraktor terhadap blok yang dilelang.

"Skema kontrak PSC gross split selain itu kami melakukan roadshow untuk mendapat masukan dari kandidat terkait wilayah yang ditawarkan," ujar dia.

Adaoun empat Wilayah Kerja yang ditawarkan yaitu East Gebang, terletak di laut atau offshore Sumatera Utara, dengan luas wilayah 4.213,93 km2.

Wilayah Kerja West Tanjung I, terletak di darat onshore Kalimantan Tengah, dengan luas wilayah 5.459,15 km2. Wilayah Kerja Belayan I, terletak di onshore Kalimantan Timur, dengan luas wilayah 5.276,28 km2. Wilayah Kerja Cendrawasah VIII, terletak di offshore Papua, dengan luas wilayah 5.612,42 km2.

Seluruh Wilayah Kerja tersebut ditawarkan dengan mekanisme Lelang Reguler dan menggunakan skema Kontrak bagi hasil migas Gross Split sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 8 Tahun 2017 tentang Kontrak Bagi Hasil Gross Split dan perubahannya.

Penawaran lelang WK Migas ini ditukukan kepada Badan Usaha (BU) dan Bentuk Usaha Tetap (BUT) yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti 3 Tahun, memenuhi syarat dan ketentuan pokok Lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik.

"Untuk tata waktu akses dokumen lelang 26 Juli sampai 18 Oktober 2019," kata dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x