Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:00 WIB

Ada Jejak Rini di Tambang Garsberg Freeport

Sabtu, 27 Juli 2019 | 19:30 WIB
Ada Jejak Rini di Tambang Garsberg Freeport

INILAHCOM, Mimika - Pada Sabtu (27/7/2019), Menteri BUMN Rini Soemarno blusukan ke tambang emas dan tembaga bawah tanah Garsberg yang dikelola PT Freeport Indonesia (PT FI) di Kabupaten Mimika, Papua.

Saat pertama menjejakkan kaki, Rini mengaku baru pertama kali mengunjungi situs tambang emas dan tembaga yang saat ini mayoritas sahamnya dikuasai pemerintah Indonesia.

Dengan menggunakan alat pengamanan lapangan berstandar, Rini menumpang bis dan gondola untuk menuju tambang terbuka Garsberg yang berada di ketinggian sekitar 4.285 meter di atas permukaan laut.

Selanjutnya, Rini mengunjungi tambang bawah tanah (underground) Garsberg yang dalamnya sekitar 1.700 meter di bawah permukaan tanah. "Ini adalah kali pertama saya ke sini setelah pemerintah memiliki mayoritas 51 persen saham Freeport. Saya harap ini dapat menjadi aset bangsa dan negara yang bisa kita banggakan dan bisa menjadi tempat belajar," kata Rini.

Dalam kunjungan ini, dia didampingi Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo, Deputi Bidang usaha Pertambangan Industri Startegis dan Media Kementeria BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Wakil Direktur Utama bank-bank Badan Usaha Milik Negara.

Rini mengaku sengaja menyambangi tambang Garsberg setelah saham mayoritas kembali ke pangkuan pertiwi, sebelumnya dikuasai Freeport McMoran Inc. "Biarpun saya sebelumnya diminta untuk ninjau , baru setelah (memiliki saham) 51 persen saya berkunjung ke sini," ujar dia.

Adapun Indonesia secara sah memiliki 51 persen saham Freeport setelah BUMN PT Indonesia Asahan Analum (Inalum) menyepakati persetujuan penjualan dan pembelian (Sales Purchase Agreement/SPA) dengan Freeport Mcmoran Inc dan Rio Tinto. [tar]

Komentar

Embed Widget
x