Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 14:55 WIB

Indonesia Pimpin Peringatan Hari ASEAN Ke-52

Jumat, 9 Agustus 2019 | 17:45 WIB
Indonesia Pimpin Peringatan Hari ASEAN Ke-52
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta. Indonesia selaku Ketua ASEAN Committee in Bern (ACB) periode Juli-Desember 2019 memimpin peringatan Hari ASEAN yang ke-52 pada Kamis waktu setempat (8/8/2019).

Peringatan yang dihadiri 7 dari 8 Duta Besar negara-negara ASEAN yang berdomisili di Swiss. Acara ini sekaligus merupakan pertemuan pertama dimana Indonesia sebagai Ketua ACB. Peringatan Hari ASEAN ke-52 tersebut dimulai dengan pengibaran bendera ASEAN serta menyanyikan lagu ASEAN (The ASEAN Way), yang mencerminkan visi negara-negara ASEAN untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara.

Selanjutnya, Indonesia selaku Ketua ACB juga memaparkan proposal kegiatan yang akan dilakukan selama periode Juli-Desember 2019 pada masing-masing pilar politik, ekonomi, dan sosial budaya. Duta Besar RI untuk Bern, Muliaman Hadad, pada saat memimpin rapat ACB, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Duta Besar ASEAN yang hadir pada pertemuan tersebut.

"Indonesia berharap agar negara-negara ASEAN senantiasa saling mendukung dan saling berbagi pengalaman, utamanya pada masa penugasan di wilayah akreditasi Swiss," papar Muliaman dalam rilis kepada media di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Para Duta Besar ASEAN yang menghadiri pertemuan ini, kata Muliaman, terdiri dari Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Viet Nam. Semuanya sepakat mendukung dan berpartisipasi pada proposal kegiatan Indonesia pada ACB.

Selama pertemuan, ditayangkan video inagurasi Gedung Baru Sekretariat ASEAN di Jakarta, yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Gedung baru tersebut merupakan hibah Pemerintah RI kepada ASEAN, untuk menunjang kinerja ASEAN sebagai organisasi regional terkemuka di Asia Tenggara.

Informasi saja, ACB merupakan komunitas negara-negara ASEAN yang berdomisili di Bern dan/atau memiliki akreditasi di Swiss. Dibentuk pada tahun 2011, ACB terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Viet Nam yang berdomisili di Bern; Laos, Myanmar, Kamboja yang berdomisili di Jenewa; serta Brunei Darussalam dan Singapura yang memiliki akreditasi di Swiss. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x