Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:40 WIB

Penghijauan Tol Trans Jawa Tekan Angka Kecelakaan

Oleh : Aris Danu | Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:01 WIB
Penghijauan Tol Trans Jawa Tekan Angka Kecelakaan
(Istimewa)

INILAHCOM, Ngawi - Penanaman pohon trembesi di ruas tol trans Jawa akan memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalan. Hal itu juga berdampak positif untuk mengurangi angka kecelakaan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Iwan Moedyarno dalam acara program Djarum Trees for Life (DTFL) Trans Jawa di Ngawi, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019).

"Kami apresiasi program penanaman trembesi di ruas tol trans Jawa karena sangat perlu dilakukan penghijauan demi mengurangi dampak polusi dan memberikan kesejukan serta kenyamanan pengguna jalan tol. Tentunya untuk mengurangi angka kecelakaan," kata Iwan kepada awak media.

Saat ini, program penanaman trembesi dengan total 157 KM telah dimulai di tiga ruas tol Trans Jawa yaitu SurabayaMojokerto (36 kilometer), GempolPasuruan (34 kilometer) dan NgawiKertosono (87 kilometer).

Upaya penghijauan yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation tersebut juga dapat mengurangi dampak pemanasan global. Terlebih dengan banyaknya kasus kekeringan di berbagai daerah di tanah air.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan, program Penanaman Trembesi di ruas tol trans Jawa sebagai langkah nyata memperbaiki lingkungan dan kualitas udara.

"Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen kami terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan," ujar Supanji.

Program ini telah dimulai tahun 2010, saat ini total sebanyak 111.466 pohon trembesi telah tertanam di sepanjang 2.472 kilometer yang tersebar di Merak-Banyuwangi, Joglosemar (YogyakartaSoloSemarang), Tol Trans Jawa, Lingkar Madura, Lombok, dan Medan.

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, menyambut baik upaya perbaikan lingkungan yang dilakukan oleh DTFL. Menurutnya, menjaga lingkungan agar tetap hijau merupakan kewajiban semua pihak, baik pemerintah, swasta hingga elemen masyarakat.

"Sinergi dari tiga pilar ini sangat penting dalam pelestarian lingkungan. Untuk itu, saya berharap kegiatan penanaman seperti ini bisa memotivasi pihak-pihak lain dalam melakukan hal serupa sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan," papar Ony. [ipe]


Komentar

x