Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 16:01 WIB

Kata Dirjen Migas Soal Kebakaran Kilang Balikpapan

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 16:45 WIB
Kata Dirjen Migas Soal Kebakaran Kilang Balikpapan
Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyebab kebakaran pipa di dalam area kilang RU V PT Pertamina sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Pertamina mengklaim belum mengetahui penyebab pastinya.

Lalu karena lalai atau penyebab lainnya juga belum diketahui. Tapi, Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, beberapa faktor bisa menjadi pemicunya.

"Kan lagi ada perbaikan pipa, nah biasanya itu ya kalau terjadi timbul api, itu kan disebabkan ada hydrocarbon, ada panas, ada api. Nah kalau ada api waktu pengerjaan pipa bisa terjadi karena misalnya gesekan-gesekan dari pengerjaan panas. Ini yang lagi diinvestigasi," kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Pekerjaan yang berkaitan dengan panas, kata dia, misalnya ada pengelasan, atau ada aliran statik. "Kalau ada yang lagi ngelas, ya diduga kemungkinan besar dari situ. Nah, habis itu kita liat ada SOP-nya atua tidak. Kerja panas itu ada izinnya, misalnya sebelum bekerja itu harus dicek pakai gas detector, ada gas tidak di situ," ujar dia.

Kemudian, dilihat dari pipanya itu baru atau lama. "Kalau lama kan pasti ada di dalamnya itu minyak yang melekat di dinding-dinding pipa, itu bahaya. Itu kan hydrcarbon yang melekat di pipa kan. Pokoknya sedang kami investigasi," ujar dia.

Namun begitu, klaim dia, tidak ada gangguan baik dari segi produksi maupun distribusi dari Kilang Balikpapan. "Tidak ada masalah, ini kan sebentar saja ditutup, seperti pipa yang lagi maintenance gitu lho. Produksi tetap jalan. Kan pipa satu lagi perbaikan, tapi ada pipa lain yang tetap jalan kan," ujar dia.[ipe]



Komentar

Embed Widget
x