Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 23:12 WIB

Balasan Kementerian ESDM untuk Bupati Mimika

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:15 WIB
Balasan Kementerian ESDM untuk Bupati Mimika
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng merasa terusik atas kedatangan Menteri ESDM Ignatius Jonan ke PT Freeport Indonesia yang menjadi pemimpin upacara peringatan HUT RI Ke-74.

Menurut dia, kedatangan Jonan tidak diketahui atau tidak memberi tahu ke pemerintah daerah.

Namun, Kementerian ESDM menepis bahwa pihaknya tidak memberi tahu Pemda setempat terkait kedatangan Jonan. Sebab, dua hari sebelum menteri datang, Kementerian Energi sudah berkirim surat. Maka dari itu, aneh bila Pemda tidak mengetahui kedatangan Jonan.

"Setiap kegiatan pak menteri (Ignasius Jonan) ke daerah, sebelumnya mengirim surat ke Pemda," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (19/8/2019).

Agung pun menunjukan surat itu pada awak media. Dalam surat itu memang terlihat jelas dikirim tanggal 15 Agustus 2019. Atau sehari sebelum Jonan tiba di tanah Papua.

"Kami sudah mengirim surat 15 Agustus, mungkin Pak Bupati belum menerima," ujar dia.

Bahkan, bukan hanya ESDM saja yang menyurati Pemda. PT Freeport Indonesia selaku pengundang juga mengirim surat ke Pemerintah Kabupaten Mimika dan Pemerintah Provinsi Papua.

"Setelah kami bersurat, Freeport pun berkirim surat ke pemda," kata dia.

Sementara Asisten Presiden Direktur Freeport Indonesia Teddy Khairudin mengakui, surat pemberitahuan kunjungan Menteri ESDM diteruskan ke pihak Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika.

"Surat kami kirim bupati kirim gubernur. Surat dari ESDM juga dari Goverment Relation kita di Kuala Kencana," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di area PT Freeport Indonesia (PTFI).

Pelaksanaan upacara di tambang yang terletak di Papua ini merupakan pertama kalinya dipimpin seorang Menteri, sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam.[jat]

Komentar

x