Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 19:06 WIB

Kuota Solar Milik AKR Akan Diaihkan ke Pertamina

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:51 WIB
Kuota Solar Milik AKR Akan Diaihkan ke Pertamina
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT AKR Corporindo diketahui sudah tidak menjual bahan bakar minyak (BBM) subisidi jenis solar. Alasannya mereka rugi menjual solar subsidi.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Fanshurullah Asa mengatakan, kuota AKR akan dialihkan ke PT Pertamina (Pesero). Namun hal ini belum dilakukan.

Sebab, BPH sudah bersurat ke Kementerian ESDM untuk memutuskan penyaluran solar oleh AKR. Jika tidak mencapai titik temu maka kuota yang ada di AKR akan dialihkan kepada Pertamina.

"Isinya BPH Migas meminta jawaban resmi karena tadi disampaikan lagi mediasi antara AKR dan Pertamina. Kami menunggu jawaban resmi ESDM, maka BPH Migas bersikap. Sikapnya adalah apakah mempersilahkan menyalurkan BBM subsidi ini oleh AKR atau melalui sidang komite dengan mengalihkan kuota AKR (ke Pertamina)," kata Fansrullah, Jakarta, Rabu (22/8/019).

Adapun AKR mendapatkan kuota penyaluran solar pada tahun ini sebesar 234 ribu Kilo Liter (KL). Realisasi hingga sebelum penghentian penyaluran adalah sekitar 100 ribu KL.

"Berartikan sisanya 130 ribuan lagi, ini kita alihkan (ke Pertamina)," ujar dia.

Sejak AKR tidak menjual solar bersubsidi, ada 58 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang terkena dampak dan stop jual BBM ke nelayan.

Head Of Retail AKR Corporindo Mulyadi menyatakan sampai saat ini belum ada titik jelas terkait keluhan yang disampaikan AKR tentang formula harga. Hingga belum ada respon pemerintah maka AKR tidak akan ikut salurkan solar subsidi.

"Memang saat ini kami berhenti karena terkait formula. Saat ini masih sedang difasilitasi oleh Kementerian ESDM utuk dicari solusi supaya ada jalan keluar dan bisa beroperasi lagi," ujar Mulyadi.[jat]

Komentar

x