Find and Follow Us

Selasa, 24 September 2019 | 03:50 WIB

Langkah BKSDA Atasi Kemunculan Harimau di Kebun

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 27 Agustus 2019 | 16:27 WIB
Langkah BKSDA Atasi Kemunculan Harimau di Kebun
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Merangin - Satwa liar Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) muncul di Desa Lubuk Beringin dan Desa Rantau Macang Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin.

Kemunculan satwa liar ini sudah mengganggu masyarakat sekitar. Mendapat laporan ini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I turun tangan.

Tim mitigasi konflik SKW I berkoordinasi dengan aparat kepolisian Muara Siau. Kapolsek Muara Siau membenarkan adanya laporan dari warga terkait kemunculan seekor Harimau yang berkeliaran di areal perkebunan warga.

Tim mitigasi konflik SKW I bersama dengan Kapolsek Muara Siau dan Aggotanya serta staf KPHP Kabupaten Merangin berangkat menuju lokasi dimana Harimau kerap kali terlihat oleh warga guna melakukan olah TKP dengan mencari jejak, kotoran maupun tanda lainnya yang membuktikan Harimau tersebut berada dilokasi itu.

Tim melakukan upaya pengusiran dengan membunyikan petasan agar Harimau yang diduga masih berada disekitar lokasi tersebut menjauh dari perkebunan warga. Selanjutnya tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang TSL dan membagikan poster dan leaflet serta menjelaskan teknik penanganan konflik satwa liar.

Kepala SKW I BKSDA Jambi, Udin Ikhwanuddin mengatakan, kegiatan mitigasi konflik berjalan lancar atas dukungan Kepala Balai KSDA Jambi dan koordinasi serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait yaitu Polres Muara Siau, Camat Muara Siau, BPTN Wilayah I Jambi di Bangko, KPHP Unit Merangin, Kades Rantau Mancang, Kades Lubuk Beringin dan masyarakat setempat.

"Kita juga tadi telah melakukan sosialisasi dan membagikan poster dan leaflet tentang TSL," Katanya dalam keterangan resmi, Selasa (27/8/2019).[jat]

Komentar

x