Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 00:40 WIB

Manfaatkan Digitalisasi Pertamina Berburu Migas

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 30 Agustus 2019 | 03:09 WIB
Manfaatkan Digitalisasi Pertamina Berburu Migas
Direktur Utama PT. Pertamina Nicke Widyawati - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT. Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penerapan digitalisasi dalam kegiatan bisnis Pertamina sudah menjadi keharusan. Hal itu untuk medukung persaingan usaha dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Dengan demikian, Pertamina akan melakukan transformasi sistem digital dalam menunjang bisnisnya. Baik dari kegiatan pencarian hingga penyaluran minyak dan gas (migas).

"Kami semua komitmen untuk terus jalankan digitalisasi ini. 58 persen karyawan pertamina milenial, mereka terlibat dalam transformasi," kata Nicke di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Nicke menyebutkan, penggunaan teknologi digital akan diterapkan pada kegiatan pencarian migas. Dengan begitu akan memudahkan pengaturan produksi sumur yang dikelola Pertamina dan entitasnya. Hal ini akan membuat kegiatan pencarian migas lebih efisien.

"Kita harus memanage betul bagaimana produksi tingkatkan cari sumber baru, untuk tingkat pengembalian cadangan minya, kita bangun digital oil field. Sumur yang dikelola Pertamina ribuan, jadi kalau nggak dilakukan secara sigital jadi kurang efektif." tuturnya.

Nicke melanjutkan selain disisi hulu, penerapan digitalisasi juga dilakukan pada sisi penyaluran migas dari sumur hingga ke konsumen. Dengan begitu, perusahaan bisa mengetahui secara detail proses penyalurannya.

Penerapan sistem digital juga bisa dimanfaat dalam penyaluran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji, sehingga bisa diterima oleh pihak yang berhak. "Ketika digitalisasi dimana bisa monitor dan lakukan evaluasi analisa pembeli Pertamina ini akan dorong ke arah subsidi tepat sasaran," kata dia. [ipe]


Komentar

x