Find and Follow Us

Selasa, 24 September 2019 | 03:59 WIB

Dorong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

PLN Sabet 9 Penghargaan ISDA 2019

Sabtu, 7 September 2019 | 20:12 WIB
PLN Sabet 9 Penghargaan ISDA 2019
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli kembali mendapatkan apresiasi.

Penghargaan kali ini diraih dalam ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2019, sebuah ajang apresiasi tahunan yang diselenggarakan Corporate Forum for Community Development (CFCD) bersama Bappenas dan Kementerian/Lembaga terkait.

ISDA 2019 diberikan kepada perusahaan atau lembaga non pemerintah yang dinilai berperan dalam mendorong pencapaian program Sustainable Development Goals (SGDs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), melalui aktivitas-aktivitas dalam pemenuhan tanggung jawab sosial organisasinya masing-masing, sesuai pedoman yang dituangkan dalam SNI ISO 26000:2013.

Pada 2019, dari 17 tujuan SDGs yang ada, CFCD mengkompetisikan 12 tujuan, 32 target dan 80 indikator. Kelimabelas tujuan tersebut adalah (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (11) Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan); (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan.

Perhelatan ini memperlombakan 24 program yang diharapkan memberikan kontribusi terhadap pencapaian SDGs Indonesia. Program-program yang diikutsertakan minimal telah direncanakan dan berjalan dalam dua tahun terakhir (2017-2018), termasuk yang masih berjalan hingga tahun ini.

Pada tahun ke-3 ISDA yang berlangsung di Jakarta, Jumat (6/9), PLN menyabet 9 pengahargaan sebagai berikut:

Kategori Platinum:
1. Tujuan 4: Program Peningkatan Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan pada Guru dan Peserta Didik serta Sekolah Menengah Kejuruan (Generasi Penerang Bangsa) (PLN Pusdiklat)
2. Tujuan 8: Program Geliat Ekonomi di Tepian Sungai Sengkarang (PLN UID Jateng & DIY)
3. Tujuan 12: Program Listrik untuk Sang Naga (PLN UID Jawa Timur)

Kategori Gold:
1. Tujuan 1: Program Pengembangan Desa Wisata Terong (PLN UIW Bangka Belitung)
2. Tujuan 4: Program Semangat Belajar dari Gunung Suling Kampung Haniwung (PLN Transmisi Jawa Bagian Tengah)
3. Tujuan 6 : Program Air Bersih untuk Rappolemba-Gowa (PLN UIW Sulselrabar)
4. Tujuan 11: Program Kawasan Wisata Kreatif Sampah Kebon Lelang (PLN UIW NTB)
5. Tujuan 15: Program Menjaga Puspa Langka di Bumi Raflesia (PLN Kit SBS)

Kategori Silver:
1. Tujuan 7: Program UKM Astana Anyar Mandiri Energi (PLN UID Jawa Barat)

Kesembilan penghargaan ini mengantarkan PLN meraih predikat Grand Silver.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bahwa dari 9 program yang diajukan untuk mengikuti ISDA, semuanya bisa mendapat penghargaan di berbagai kategori. Hal ini menunjukkan maturity program-program CSR di PLN dan menunjukkan bahwa CSR PLN memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan SDG's, sesuai Peraturan Presiden No 59 Tahun 2017," ungkap Zubaidah, Vice President Corporate Social Responsibility PLN

EVP Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, dalam mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan, Program CSR PLN saat ini dan ke depannya akan terus menerapkan CSR berbasis ISO 26000 dan sejalan dengan Perpres No 59 Tahun 2017. Mulai tahun 2019, baik BOD maupun Manajemen PLN berkomitmen melaksanakan program-program CSR yang berkelanjutan dan memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Ajang penghargaan ISDA 2019 menjadi salah satu bukti bahwa program CSR memiliki peran penting dalam menunjang proses bisnis perusahaan, berfungsi memitigasi risiko bisnis agar perusahaan tetap berkelanjutan, mendapatkan profit serta meningkatkan citra dan reputasi perusahaan. [adv]

Komentar

x