Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 23:18 WIB

Dituduh Produsen Kabut Asap, RI Surati Malaysia

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 10 September 2019 | 20:45 WIB
Dituduh Produsen Kabut Asap, RI Surati Malaysia
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyebut adanya rencana melayangkan surat kepada Pemerintah Malaysia, terkait tuduhan penyebab tunggal kabut asap di Malaysia.

"Saya akan menulis surat kepada Dubes untuk diteruskan kepada Menterinya. Jadi, saya kira supaya yang betul datanya," kata Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut Siti, berdasarkan hasil rapat dengan Kepala BMKG bahwa tidak ada asap lintas negara. Namun, kata dia, ada informasi yang tidak dibuka oleh Malaysia. Ternyata, sumber kabut asap juga berasal dari Malaysia.

"Ada informasi yang dia tidak buka. Karena sebetulnya asap yang masuk ke Malaysia dan Kualalumpur, itu dari Serawak dan Semenanjung Malaya, dan juga mungkin sebagian dari Kalbar. Seharusnya obyektif menjelaskannya," mantan Sekjen DPD RI ini.

Siti mengatakan pemerintah Indonesia betul-betul secara sistematis mencoba untuk menyelesaikan ini dengan sebaik-baiknya, tapi memang harus jelas sumber datanya dari mana dan polanya seperti apa.

Selanjutnya, politisi NasDem ini, menjelaskan terkait geraknya asap ke Singapura bukan dari Riau. Beberapa hari ini, angin kencang bergerak di Semenanjung sehingga tidak mungkin dari Riau.

"Enggak benar ada dari Riau nyeberang ke Singapura, itu enggak benar. Kenapa? Di Riau sudah turun (hotspot). Kita punya 46 helikopter yang bekerja di lapangan," tandas mantan Sekjen Kemendagri ini. [ipe]

Komentar

x