Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 09:39 WIB

2019, Kredit Ritel Bank Mandiri Dipatok Tumbuh 12%

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 13 September 2019 | 13:30 WIB
2019, Kredit Ritel Bank Mandiri Dipatok Tumbuh 12%
facebook twitter

INILAHCOM, Bali - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mengaku telah menyalurkan kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp87,1 triliun hingga Agustus 2019.

Dari jumlah tersebut, kredit UMKM yang dikucurkan untuk Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai Rp4,1 triliun.

Direktur Retail Banking BMRI Donsuwan Simatupang, mengatakan pihaknya optimistis kredit UMKM BMRI akan tumbuh 12% menjadi sekitar Rp95 triliun pada 2019. Adapun kredit UMKM di Bali dan NTT diperkirakan sebesar Rp5 triliun pada akhir tahun.

"Angka ini sekaligus menunjukan bahwa BMRI bukan hanya tumbuh di sektor korporasi tapi juga di UMKM. Dan, ini sejalan dengan semangat bagaimana mengangkat sektor UMKM menjadi pelaku ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Donsuwan dalam acara Mandiri Media Training 2019, di Bali, Jumat (13/9/2019)

Di sisi lain, lanjut dia, manajemen BMRI akan terus menjaga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) UMKM. Sampai dengan penghujung tahun ini, NPL Gross UMKM BMRI diyakini tetap berada pada kisaran 2%. "Saya kira itu angka NPL yang sangat baik," tegas Donsuwan.

Donsuwan memaparkan, sektor parawisata merupakan penopang utama pertumbuhan kredit UMKM. Dari sektor parawisata ini, segmen traveling dan kuliner mampu berkontrubusi hingga 60%. "Kami membiayai sektor parawisata melalui traveling dan kuliner," tandasnya. [ipe]


Komentar

Embed Widget
x