Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 22:15 WIB

Menteri PANRB: Tingkatkan Pelayanan, Bangun SDM

Jumat, 13 September 2019 | 16:22 WIB
Menteri PANRB: Tingkatkan Pelayanan, Bangun SDM
(Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tiga pejabat pimpinan tinggi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dilantik oleh Menteri PANRB Syafruddin di Kantor Kementerian PANRB Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Jabatan Sekretaris Deputi SDM Aparatur diisi oleh Mudzakir. Sementara Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik diisi oleh Andi Rahadian dan Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah dijabat oleh Jufri Rahman.

Usai melantik ketiga pimpinan tinggi, Menteri PANRB Syafruddin menyampaikan sejumlah catatan penting. Mantan Wakapolri ini mengatakan masih banyak tugas yang harus diemban oleh para pejabat yang baru saja dilantik. Oleh karenanya diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik antara pimpinan dan bawahan. "Tugas berat diberikan pada Kementerian PANRB dan lembaga lain sehingga komunikasi dan koordinasi vertikal dan kebawah harus kita bangun. Semua harus terkoneksi horizontal atau vertikal," ujar Syafruddin.

Menteri Syafruddin juga mengajak para pejabat yang baru dilantik untuk mengabdi melalui tugas masing-masing bagi bangsa dan negara. "Mari kita tingkatkan terus pelayanan terbaik pada masyarakat. Kita akan melaksanakan program besar yaitu pembangunan SDM dan lini sekitarnya di Kementerian PANRB," jelasnya.

Arahan Menteri PANRB Syafruddin ini disambut baik oleh para pimpinan tinggi madya dan pratama. Ditemui usai pelantikan, Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jufri Rahman mengaku siap mendukung tugas dan fungsi yang diemban Kementerian PANRB sesuai dengan nomenklatur jabatannya.

"Sebagai staf ahli, tugas kami sebagai supporting terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan tugas yang diemban kedeputian sekaligus melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan langsung oleh Menteri terkait dengan bidang yang dipercayakan kepada saya, yaitu pemerintahan dan kepala daerah," ungkapnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pendapatan Daerah Sulawesi Selatan ini juga memuji proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya dan pratama yang dilakukan Kementerian PANRB. Menurutnya, seleksi diselenggarakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memiliki transparansi yang baik karena dibuka secara luas melalui website dan beberapa media sosial. "Saya lihat proses yang berjalan di Kementerian PANRB sangat normatif, panselnya kompeten dan profesional," imbuhnya.

Senada dengan Jufri, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik yang diisi oleh Andi Rahadian merasa rangkaian proses seleksi yang telah ia lalui sebagai proses yang baik dan adil. "Saya melihat dari daerah ada beberapa peserta yang mengikuti dan juga dari pusat. Memang seleksi ini mencerminkan eksplorasi, akuntabilitas yang baik, dan memang antusiasmenya cukup tinggi," terang Andi.

Pada kesempatan tersebut, Andi Rahadian memastikan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan tim yang ia pimpin agar dapat segera bekerja. "Ada beberapa program kerja yang sudah kami perkenalkan di awal dan disampaikan juga di pada saat tes-tes wawancara, tentunya hal ini akan segera disosialisasikan, agar cepat diimplentasikan," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Kementerian PANRB telah menyelenggarakan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya dan Pratama. Empat formasi jabatan pimpinan tinggi madya dan pratama yang dibuka pada seleksi tersebut yakni Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Aparatur, Sekretaris Deputi bidang SDM Aparatur, dan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik.

Tiga posisi telah terisi, sementara posisi Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Aparatur masih kosong. Pelantikan ini turut dihadiri oleh Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, segenap Staf Ahli dan Staf Khusus Kementerian PANRB, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian PANRB. [*]

Komentar

x