Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 09:16 WIB

KLHK Sebut Kabut Asap Riau Masih Aman

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 16 September 2019 | 13:27 WIB
KLHK Sebut Kabut Asap Riau Masih Aman
(Istimewa)
facebook twitter


INILAHCOM, Jakarta - Kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti Riau. Meski begitu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut kondisi kabut asap di tanah melayu tersebut masih dalam kondisi yang aman.

"Dari hitungan kami kebakaran yang terjadi di Riau masih dalam kondisi yang aman dibandingkan dengan tahun lalu, namun kita tetap waspada," kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ruandha bilang hari ini Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja ke Riau untuk memantau kondisi kebakaran hutan disana dengan menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bisa memadamkan kebakaran hutan tersebut.

"Hari ini pun Ibu Menteri ke Riau untuk melihat bagaimana upaya pemadaman disana, kita juga mengajak TNI untuk bisa membantu melakukan pemadaman dengan bantuan pesawat Hercules untuk membawa garam untuk menyemai dan menghasilkan hujan buatan," tuturnya.

Ruandha menjelaskan saat ini memang kondisi musim kemarau yang cukup panjang, sehingga menghasilkan udara kering yang cukup panas, ditambah lagi dengan terjadinya kebakaran di Australia yang membawa angin panas menuju Indonesia atau Barat Laut.

"Memang saat ini terjadi El-Nino tapi masih dalam tahap yang normal, apalagi saat ini ditambah dengan adanya kebakaran hutan di Australia sehingga membawa udara kering ke wilayah Indonesia, saat ini juga wilayah Indonesia mengalami udara yang kering," paparnya. [hid]

Komentar

x