Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 16:49 WIB

Website Kemendes PDT Raih Penghargaan Digital 2019

Sabtu, 21 September 2019 | 02:30 WIB
Website Kemendes PDT Raih Penghargaan Digital 2019
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) dan Transmigrasi berhasil meraih penghargaan Indonesia Digital Initiative Award 2019.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Di mana, Kemendes PDT Transmigrasi meraih penghargaan atas keberhasilannya mengembangkan website.

Agus Sudibyo, salah satu dewan juri mengatakan, penghargaan website terbaik diberikan kepada Kemendes PDT, karena pengembangan website di kementerian tersebut, mumpuni dalam tiga hal. Yakni, konten, packaging dan interaktivitas dengan publik.

Kemendes PDT bisa menyajikan konten yang up to date sehingga masyarakat mau membuka website tersebut. Hal ini juga termasuk dalam penilaian kedua yakni packaging, dimana kemendes PDT bisa menyajikan tampilan website yang eye catching. "Yang terpenting adalah interaksi masyarakat di dalam website tersebut. Artinya ada hasil konkrit dari pembentukan website," ujar Agus.

Atas prestasi ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menuturkan, Kemendes PDT betul-betul tidak mengira akan mendapatkan penghargaan. Dirinya hanya mengingat pesan dari Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa kerja ini, hari ini dipublikasikan. "Atas penyampaian tersebut kita bekerja keras sehingga bisa memperoleh penghargaan ini," ujar Eko.

Eko menambahkan, keberhasilan program desa yang jumlahnya sangat banyak itu sangat tergantung dari partisipasi masyarakat dan sosialisasi kita kepada masyarakat. Sekarang di era digital ini yang paling cepat melalui website, melalui media sosial kita dan media konvensional lainnya.

Website di Kemendes PDT dalam pengelolannya diisi oleh bagian Pemberitaan dan Publikasi, Biro Humas dan Kerjasama, dimana dibentuk Tim-tim kecil yg memiliki fungsi masing-masing. Ada tim konten animasi, tim konten video, tim peliputan dst yg dikompilasi dan diramu sebelum dipublish oleh tim editorial sehingga konten2 yg ditampilkan lebih menarik dan up to date.

Eko berharap partisipasi masyarakat lebih banyak lagi, sehingga efektivitas dari program kementrian desa bisa lebih efektif. Sementara untuk menjangkau masyarakat di pelosok pedesaan, Kemendes PDT juga mengunggulkan program Palapa Ring.

"Pemerintah melalui kemenkominfo melalui program palapa ring, sekarang di Indonesia bagian barat, bagian tengah dan semua desa sudah bisa terjangkau akses internet sehingga program digital bisa jalan. Di pelosok bagian timur targetnya akhir tahun ini selesai. Program siskeudes bisa jalan hampir 95 % di desa-desa di Indonesia karena aksesnya sudah ada," tukasnya.[tar]


Komentar

x