Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 18:21 WIB

Pemerintah Baru Cairkan Dana Hibah Gempa Palu

Rabu, 9 Oktober 2019 | 02:09 WIB
Pemerintah Baru Cairkan Dana Hibah Gempa Palu
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Doni Monardo mengatakan pemerintah baru mencairkan dana hibah untuk bantuan korban gempa Palu pada Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, penandatanganan perjanjian dana hibah itu dilakukan mengundang empat kepala daerah di Sulawesi Tengah. "Pagi tadi ditandatangani bantuan hibah daerah dari Kementerian Keuangan kepada 3 bupati dan satu wali kota senilai Rp 1,9 triliun," kata Doni di Kompleks Kepresidenan, Jakarta.

Doni berharap, dalam seminggu ke depan dana hibah yang baru dicairkan pemerintah pusat sudah masuk ke rekening kas daerah, selanjutnya akan ditransfer ke rekening perorangan atau masyarakat terdampak gempa. "Untuk yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta," ujarnya.

Menurut dia, total program relokasi di Palu mencapai 11.643 unit bangunan terdiri dari 8.788 unit dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), 75 unit bantuan dari AHA Center, 100 unit dari Mayapada dan 2500 unit dari Buddha Tsuzhi.

"Khusus relokasi masih ada persoalan, namun atas perintah Wapres (Jusuf Kalla) segera dituntaskan terkait masalah lahan, kekurangan lahan 15 hektar. Arahan wapres, supaya polanya mengikuti pola NTB, libatkan unsur TNI Polri," jelas dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x