Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 07:07 WIB

PGN Siap Pasok Gas Untuk Ibu Kota Baru

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 18 Oktober 2019 | 15:52 WIB
PGN Siap Pasok Gas Untuk Ibu Kota Baru
facebook twitter

INILAHCOM, Sidoarjo - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menyatakan, siap memasok gas untuk daerah sekitar Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Apalagi, konsep Ibu Kota nantinya tidak memakai elpiji, melainkan dengan jaringan gas (jargas).

"Itu sudah pernyataan pemerintah, mau tidak mau kita harus siap," kata penjabat Harian Division Head Corporate Communication PGN Krisdyan Widagdo Adhi, Jumat (18/10/2019).

Sejatinya kata dia, jaringan gas PGN sudah ada di Balikpapan, Samarinda, dan di Penajam Paser Utara yang saat ini menjadi calon wilayah ibu kota baru. Menurut Dodo sapaan akra Widagdo, nantinya sumber gas di Tarakan itu bisa ditarik ke wilayah ibu kota baru.

Dengan begitu, PGN berharap Bappenas memikirkan utilisasi energi cerdas lainnya. Atau penggunaan gas bumi bukan hanya sebagai keperluar rumah tangga. Namun bisa digunakan lebih luas lagi.

"Gas bumi itu bisa dipakai di sektor transportasi, komersial, rumah tangga termasuk kelistrikan, kalau jargas sendiri itu sangat kecil perencanaannya," ujar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, terkait kebutuhan energi di ibu kota baru, PGN akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain.

Tujuannya agar pemenuhan kebutuhan energi gas bumi dan energi lain termasuk pemanfaatannya bisa dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, komprehensif serta kelayakan pelaksanaan programnya dapat terpenuhi dengan baik.

"Kami tentunya sangat mendukung rencana pemerintah untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi sebagai bagian dari upaya memperkuat kemandirian energi dan mewujudkan bauran energi gas bumi nasional sebesar 22% di 2025," kata Rachmat.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebagai subholding migas, perusahaan akan terus mengembangkan berbagai infrastruktur gas bumi untuk memenuhi kebutuhan energi yang ramah lingkungan, efisien dan sumbernya masih sangat besar di dalam negeri yaitu gas bumi ke berbagai daerah di Indonesia. "Termasuk yang sumber pasokanya ada di sekitar wilayah ibu kota baru," ujar dia.[jat]

Komentar

Embed Widget
x