Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 10:38 WIB

Kader PKS Minta Jokowi Lebih Serius Jaga Inflasi

Minggu, 20 Oktober 2019 | 16:50 WIB
Kader PKS Minta Jokowi Lebih Serius Jaga Inflasi
Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, Ecky Awal Mucharam
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, Ecky Awal Mucharam meminta pemerintahan Jokowi-Maruf Amin lebih serius menjaga stabilitas harga (inflasi).

Hingga September 2019, inflasi mencapai 3,39% secara tahunan alias year on year (yoy). Masih aman lantaran di bawah target APBN 2019 sebesar 3,5%. "Inflasi 3,39 persen itu masih tinggi dibandingkan dengan negara lain. Dengan Filipina saja kita lebih tinggi, di sana hanya 0,9 persen (yoy)," kata Ecky lewat keterangan pers di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Ia berharap, baik pemerintah pusat maupun daerah lebih serius dan fokus dalam menekan inflasi terkait bahan pangan, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. "Jika inflasi pangan tinggi, artinya bahan makanan mahal karena tidak tersedia di pasar," katanya.

Ecky mengkhawatirkan, inflasi pangan berpotensi semakin melambung karena kegagalan panen di beberapa daerah (puso). Kegagalan panen padi, bukan hanya menyumbang inflasi, tetapi juga berpotensi meningkatan angka kemiskinan. "Lebih dari 20 persen garis kemiskinan kita itu bersumber dari beras, jadi, sangat banyak dampaknya," jelas Anggota Komisi XI DPR ini.

Ia menambahkan, dalam jangkauan lebih jauh, persoalan harga juga memengaruhi indeks food security Indonesia, yang selama ini dipandang belum membaik.

Terkait dengan potensi lonjakan inflasi pangan, Ecky mengutip beberapa sumber, dengan terdapat sekitar 264 ribu hektare lahan pertanian yang terdampak kekeringan sejak Januari-Oktober 2019 dan sekitar 70 ribu sudah gagal panen.

"Ada kecenderungan bahwa petani di beberapa daerah sudah menjadi konsumen murni. Untuk itu, kita meminta pemerintah agar persoalan ini segera diatasi agar dampaknya tidak semakin parah" pungkas Ecky. [tar]

Komentar

x