Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 14:27 WIB

Di Balik Pengusaha Pro Jokowi, Ada 3 Srikandi Ini

Selasa, 22 Oktober 2019 | 05:09 WIB
Di Balik Pengusaha Pro Jokowi, Ada 3 Srikandi Ini
Presiden Joko Widodo - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin tak banyak yang tahu, banyak pengusaha yang menyatakan dukungan kepada Joko widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019. Mereka berkumpul membentuk Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas).

Lembaga yang digagas Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019, Bahlil Lahadalia, merupakan kumpulan pengusaha muda Indonesia yang tergerak untuk lebih memperkuat barisan dan meramaikan wacana pilpres dengan fokus pada isu ekonomi dan program kerja yang telah dilakukan pemerintah. Saat ini, Repnas diketuai Eka Sastra dan Afan Nugroho sebagai Bendahara Umum.

Sejak deklarasi pada November 2018, Repnas bertekad untuk menjadi garda terdepan menangkal berbagai serangan hoaks soal ekonomi. Berbagai kegiatan baik secara offline dan online, telah dilakukan oleh Repnas dalam menyosialisasikan kinerja dan pencapaian pemerintahan Presiden Jokowi tersebut, terutama dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan antara lain acara Ngopi atau Ngobrol Pintar bersama Milenial di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Program kreatif seperti lomba vlog dan testimoni mengenai keberhasilan pemerintahan Jokowi, kegiatan bakti sosial seperti pemeriksaan dokter gratis dan olahraga bersama, acara nonton bareng hingga Bus Jelajah Nusantara Repnas yang telah menjelajah ke ratusan kota dan puluhan daerah tempat Jokowi merampungkan proyek strategis nasional (PSN) dalam 4 tahun terakhir.

Keberhasilan progam Repnas, tidak lepas dari peran berbagai pihak pendukung, termasuk 3 pebisnis perempuan ini. Mereka adalah Irawati Muklas, kerap disapa Ira, merupakan pendiri dan pemilik perusahaan di bidang outsourcing, cleaning service dan event organizer dengan brand Avisha. Hingga kini, perusahaannya telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan perusahaan dan hotel bertaraf internasional. Sukses mengembangkan bisnisnya dibidang-bidang tersebut sejak di usia muda, Ira pun merambah ke bisnis kecantikan.

Di Repnas, Ira menduduki jabatan Direktur Kampanye Udara, yang bertugas menyusun strategi kampanye yang tepat untuk dikomunikasikan kepada masyarakat melalui perantara media baik media online maupun sosial media Repnas.

Yang kedua adalah Titi Rusdi, mendirikan bisnis pengembangan konten (content development) dengan brand 7Langit pada 2009. Selama 10 tahun, perusahaannya terus berkembang dan kini pengembangan kontennya telah merambah iPhone dan Android. Hampir 10 tahun, 7Langit berhasil mengembangkan aplikasi seperti Java Rock in Land, Java Soulnation, Java Jazz, International Motor Show (IIMS) dan banyak lagi.

Di Repnas, Titi menjabat Wakil Sekretaris, memiliki peran strategis dalam menyusun dan mengawasi hampir keseluruhan program offline. Selain itu, dia menjabat sebagai Ketua Program Bus Jelajah Nusantara.

Ketiga adalah Yuke Yurike, seorang sarjana teknik mesin yang tertarik politik. Saat ini, kader PDIP ini menjabat sebagai anggota DPRD DKI periode 2019-2024. Menduduki sederet jabatan di organisasi, antara lain Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Bendahara Umum HIPMI Jaya, Wakomtap Kadin Indonesia Bidang UKM, Wabendum DPP KNPI, Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat PD IX DKI Jakarta GM FKPPI, Pengurus PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Cabang Renang Indah dan Ketua Ikatan Alumni Teknik Mesin Universitas Indonesia (ILUSIN UI).

Menempati posisi sebagai Sekretaris Nasional Repnas, Yuke dipercaya untuk mengawasi keseluruhan program online dan offline Repnas. Secara ekternal, Yuke memiliki tangung jawab untuk berkoordinasi dan menyikronkan program kerja JokowiMaruf dengan para relawan lain di luar Repnas. [tar]

Komentar

x