Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 13:00 WIB

Proyek KA Cepat Penyebab Kebakaran Pipa Pertamina

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:09 WIB
Proyek KA Cepat Penyebab Kebakaran Pipa Pertamina
Kebakaran pipa pertamina di pinggir tol Purbalenyi, Jawa Barat - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pipa minyak milik PT Pertamina (Perseo) di Cimahi Selatan tepatnya di pinggir tol Purbalenyi, Jawa Barat terbakar. Pemicu kebakaran diduga dari pengerjaan kereta cepat Indonesia China (KCIC).

Pertamina mengamini pipa yang di Jalan Tol Km 130-800 arah Pasir Koja adalah miliknya. Pipa jenis CB2 mengaliri Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Pipa itu memasok Premium dari Terminal BBM Ujung Berung ke Padalarang, Bandung Jawa Barat.

"Iya pipa Pertamina CB2 dia itu pipa menyalurkan BBM dari Ujung Berung ke Padalarang," kata Unit Manager Comunication Relation & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Adapun kebakaran diperkirakan terjadi pada Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 14.30 hingga pukul 15.00 WIB. Saat kejadian Pertamina langsung menutup aliran premium dari pipa agar aliran premiun tidak meluas. "Saat kejadian BBM yang disalurkan premium Otomatis kami menutup aliran," ujar dia.

Saat ini Pertamina sedang melakukan pemadaman, dengan mendatangkan beberapa unit kendaraan pemadam kebakaran dan tim untuk menjinakan api yang membakar pipa tersebut. "Kami fokus pemadamam Tim Fire Truck Terminal BBM Cikampek sudah beroperasi, Kita segera melakukan pemadaman," kata dia.

Dalam kejadian ini dikabarkan ada satu korban jiwa, warga negara asing asal China. Diduga korbannya adalah pekerja proyek kereta api (KA) cepat rute Jakarta-Bandung. [ipe]



Komentar

x