Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 09:17 WIB

Jokowi Pilih Mantan ICW Pimpin Kemenkop dan UKM

Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:45 WIB
Jokowi Pilih Mantan ICW Pimpin Kemenkop dan UKM
Teten Masduki dan Joko Widodo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin tak banyak yang menduga, Teten Masduki dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Koperasi dan UKM. Mantan koordinator ICW era 2000 ini, perlu tancap gas.

Saat ditanya program, pria kelahiran Garut 2963 ini, menyebutkan perlunya upaya untuk memodernisasi koperasi agar bisa naik kelas dan bersaing dengan sektor usaha yang lain. "Modernisasi koperasi. Koperasinya juga naik kelas, bisa bersaing dengan sektor usaha yang lain," kata Teten sesaat setelah dilantik sebagai Menteri Koperasi dan UKM di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Teten, sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Kepresidenan, kemudian mendapatkan mandat baru menggantikan AAGN Puspayoga sebagai Menkop dan UKM dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sahabat aktivis HAM (Alm) Munir ini, mengaku mendapatkan perintah dari Jokowi untuk mengurus ekonomi rakyat. Maka selain koperasi, Teten juga concern terhadap UMKM yang disebutnya sebagai andalan ekonomi Indonesia, terlebih di saat situasi global yang kurang baik.

"Sesuai arahan Pak Presiden ini kan situasi global kurang baik, ya dan andalan ekonomi kita sekarang adalah penguatan UMKM, bukan hanya UMKM tapi harus naik kelas, kecil menengah ke besar," katanya.

Menurut Teten, sektor UMKM dan koperasi saat ini sudah tidak menghadapi kesulitan berarti termasuk dalam mengakses pembiayaan. "Saya rasa tidak terlalu sulit akses pembiayaan murah banyak. Terakhir, beliau meminta pengembangan sumber daya manusia," kata Teten.

Teten sebelum bergabung menjadi tim kerja Jokowi adalah sosok aktivis anti-korupsi. Ia bahkan sempat menjadi Kepala Staf Kepresidenan selama beberapa waktu hingga kemudian digantikan oleh Moeldoko. [tar]

Komentar

Embed Widget
x