Find and Follow Us

Selasa, 10 Desember 2019 | 03:58 WIB

Tim Ekonomi Jokowi Bakal Sulit Mengejar Pajak

Rabu, 30 Oktober 2019 | 05:09 WIB
Tim Ekonomi Jokowi Bakal Sulit Mengejar Pajak
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tutup tahun 2019 yang menyisakan dua bulan lagi, kinerja sektor pajak terlihat makin sempoyongan. Naga-naganya, target pajak 2019 sulit tercapai. Siap-siap defisit anggaran membengkak.

Sampai 7 Oktober 2019, realisasi penerimaan pajak hanya Rp912 triliun, atau minus 0,31%. Dengan tren yang minus 0,32% tadi, realisasi penerimaan pajak tahun ini, kemungkinan hanya berada di angka 85%-87% atau Rp1.340,8 triliun-Rp1.372,4 triliun dari target Rp1.577,5 triliun.

Kepala KPP Madya Jakarta Pusat, Joni Mantong mengatakan, pihaknya telah mengantongi data-data WP yang menjadi sasaran prioritas. Dari data-data tersebut, pihaknya akan melakukan konfirmasi kepada WP, jika dalam proses konfirmasi tersebut ditemukan ketidaksesuaian dalam pelaksanaan pembayaran, pihaknya akan meminta wajib pajak membayar pajak terutang. "Itu yang akan kami lakukan, begitu data-data telah confirm, inilah yang kami akan minta," kata Joni, Selasa (29/8/2019).

Selain optimalisasi data, otoritas pajak juga memiliki sejumlah strategi lainnya misalnya pajak pembayaran dividen yang dilakukan perusahaan pada akhir tahun serta pembagian bonus, yang diharapkan ikut membantu pemerintah dalam mengejar target penerimaan pajak yang per awal Oktober 2019 terkontraksi hingga 0,31%. "Jadi kami minta, pajak-pajak itu segeralah dibayar," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Pajak Jakarta Pusat, Estu Budiarto mengatakan, pihaknya akan terus mengelola penerimaan supaya terus tumbuah sesuai ekspektasi dengan pemerintah.

Dia mengatakan bahwa, rata-rata pertumbuhan di Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Pusat masih menunjukkan tren positif dan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional. "Sampai akhir September sekitar 8%-9%. Target kami setahun bisa Rp78 triliun," jelasnya. [tar]

Komentar

Embed Widget
x