Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 13:18 WIB

KHLK Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Rabu, 30 Oktober 2019 | 13:27 WIB
KHLK Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda
(Foto: KementerianLHK)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu menjadi momen menggugah semangat para pemuda Indonesia untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Peringatan tahun ini yang mengangkat tema Bersatu Kita Maju menjadi penanda bahwa persatuan para pemuda serta seluruh elemen bangsa disemua sektor, akan menjadi obor penyemangat menuju Indonesia maju.

"Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia," ujar Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono saat membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan para ASN KLHK yang melaksanakan Upacara di Plaza Lukito Darjadi, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Bambang melanjutkan Menpora berpesan agar di era teknologi tinggi saat ini pemuda Indonesia harus siap mengantisipasi segala hal positif dan negatif dari perkembangan teknologi. Teknologi informasi menjadi salah satu penting diantisipasi, karena telah berkembang sangat pesat dan sudah menjadi bagian hidup manusia.

Teknologi informasi memiliki dua mata sisi yang harus disikapi dengan keberadaan pemuda Indonesia yang unggul. Satu sisi teknologi informasi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme.

"Pengaruh negatif tersebut dapat masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," imbuh Menpora dalam sambutannya yang dibacakan Bambang Hendroyono.

Menpora menurut Bambang meminta peran lebih pemuda agar dalam menghadapi perkembangan teknologi di semua sisi kehidupan bangsa dapat bersaing dalam bentuk apapun yang posistif. Pemuda menurutnya adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia. Dirinya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda Indonesia yang mendunia. Hal ini akan selaras dengan nilai gerakan revolusi mental yang terus digaungkan Presiden Jokowi.

Dengan mendasarkan pada nilai gerakan revolusi mental pembangunan karakter bangsa Indonesia bisa semakin kuat, tangguh dan kokoh, serta dapat terus berpartisipasi aktif dalam percaturan pemuda di dunia.

"Kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Menpora dalam sambutannya yang dibacakan Bambang Hendroyono.

Terakhir Menpora dalam sambutannya mengharapkan pemuda Indonesia jangan menyia-nyiakan waktu. "Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," harapnya. [*]

Komentar

x