Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 13:51 WIB

BTN Dukung Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas

Minggu, 3 November 2019 | 14:30 WIB
BTN Dukung Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas
(Foto: Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Surakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap mendukung pengembangan 10 destinasi wisata prioritas yang menjadi program pemerintahan Joko Widodo-KH Maruf Amin.

Tentu saja, bertujuan untuk menggenjot devisa. Salah satu bentuk konretnya adalah partisipasi dalam acara Tour de Borobudur yang digelar dua hari dimulai Sabtu (2/11/2019).

Dalam rilis kepada media di Jakarta, Direktur BTN, Mahelan Prabantarikso mengatakan, dukungan perseroan terhadap sektor pariwisata sangat besar. Hal ini ditandai dengan jumlah kredit yang disalurkan kepada sektor tersebut mencapai 10% dari total kredit BTN.

"Program pariwisata ini kan salah satunya adalah hotel dan ini masuk bagian dari properti. Selain itu, BTN banyak membantu merenovasi dan membantu Kredit Usaha Kecil yang sifatnya membangun UMKM berkaitan dengan pariwisata," ujar Mahelan usai melepas peserta Tour de Borobudur di Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).

Mahelan menjelaskan, untuk sektor infrastruktur yang terkait dengan periwisata BTN juga telah menyalurkan kredit ke PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II mencapai sekitar Rp2 triliun. Jika bandara tersebut jadi maka akan banyak proyek di daerah sekitar yang bisa dibiayai oleh BTN seperti kredit konstruksi hotel ataupun pembangunan home stay.

Menurut Mahelan, banyak ragam yang bisa dilakukan BTN dalam mendukung sektor pariwisata, salah satunya melalui program KPR Mikro dan KPR ABCG. "Kita sudah banyak membangun daerah-daerah pariwisata dan model-model kolaborasi komunitas dan juga banyak program-progran lain yang telah dilakukan yang tentunya akan mendorong kehidupan masyarakat lebih baik lagi," tambah dia.

Mengenai kegiatan Tour de Borobudur, Mahelan mengaku dukungan BTN terhadap kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian perseroan terhadap sport tourism. Dengan sport tourism ini harapannya brand awarness BTN tetap kuat.

Mahelan menuturkan di kawasan Borobudur BTN ikut membangun ekonomi masyarakatnya melalui pendirian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang membina kerajinan gerabah dan memiliki 12 kamar homestay. "Kami juga berharap bisa mendukung hal serupa di Mandalika dan Labuan Bajo serta daerah wisata lainnya," katanya.

Tour de Borobudur 2019 dibagi dalam dua etape. Pada Sabtu (2/11/2019), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas pembalap sepeda peserta Tour de Borobudur 2019 dari kawasan Kota Lama Semarang. Kemudian pada Minggu (3/11/2019), Ganjar melepas peserta Tour de Borobudur 2019 dari kawasan De'Tjolomadoe, Surakarta.

Ganjar menjelaskan, dalam kegiatan ini peserta akan menempuh jarak 265 km. Tour De Borobudur 2019 melintas di 11 daerah di Jawa Tengah, termasuk enam objek wisata andalan provinsi ini.

Pada hari pertama, Tour de Borobudur melintasi rute Kota Semarang-Demak-Grobogan-Kabupaten Semarang-Kota Salatiga-Boyolali dan berakhir di De'Tjolomadoe Karanganyar. Sementara pada hari kedua, para pembalap memulai balapan dari De'Tjolomadoe menuju Klaten dan finis di Borobudur.

Total ada sekitar 1.700 pebalap dari dalam dan luar negeri meramaikan pesta bersepeda tahunan ini yang juga mengangkat konsep "go green" tersebut. [ipe]


Komentar

Embed Widget
x