Find and Follow Us

Senin, 27 Januari 2020 | 17:25 WIB

KLHK Siapkan Bibit Pohon untuk Rehabilitasi Hutan

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 4 November 2019 | 14:27 WIB
KLHK Siapkan Bibit Pohon untuk Rehabilitasi Hutan
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyiapkan bibit pohon untuk rehabilitasi hutan dan lahan serta Daerah Aliran Sungai (DAS).

Adapun lokasi persemaian di Petak 57C, dan BKPH Manglayang Barat, Bandung, Jawa Barat. Menteri Siti mengatakan, bibit tersebut sudah siap ditanam.

"Persemaian ini telah menghasilkan bibit-bibit siap tanam, dan musim penghujan telah tiba, maka selama 2 bulan ini perlu dikebut untuk melakukan penanaman di berbagai lokasi dan dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam," kata Siti, Minggu (3/11/2019).

Siti berharap pembangunan persemaian dilakukan dengan melibatkan masyarakat sekitar kawasan hutan dan dilakukan lebih banyak lagi dalam mendukung percepatan rehabilitasi hutan dan lahan di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Hudoyo mengatakan, jumlah bedeng yang siap menghasilkan bibit sebanyak 187 bedeng, dengan jenis pohon Pinus (Pinus merkusii), Mahoni (Swietenia mahagoni), Eucalyptus, Suren (Toona sureni).

Kemudian Nangka (Arthocarpus integra), Kopi (Coffea canephora/ Coffea robusta) dan Secang (Caesalpinia sappan), diharapkan dapat segera ditanam di wilayah kerja Perhutani dan di hulu DAS Citarum.

"Disamping untuk rehabilitasi hutan dan lahan, kegiatan pembibitan yang dilakukan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di seluruh Indonesia, juga untuk memenuhi keperluan masyarakat dalam kegiatan penghijauan lingkungan/ penanaman minimal 25 pohon setiap orang seumur hidup," kata Hudoyo.

Dia pun mengatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan bibit pohon untuk kegiatan penghijauan lingkungan dan rehabilitasi lahan, dapat menghubungi Kepala Balai PDASHL di Seluruh Indonesia yang tersedia di 51 Persemaian Permanen di wilayah kerja Balai PDASHL.[jat]

Komentar

x