Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 10:52 WIB

Bea Cukai Bareng Kastam Malaysia Jaga Selat Malaka

Selasa, 12 November 2019 | 22:12 WIB
Bea Cukai Bareng Kastam Malaysia Jaga Selat Malaka
(Foto: BeaCukai)
facebook twitter

INILAHCOM, Malaysia - Untuk memberantas perdagangan dan penyelundupan barang ilegal di perairan selat Malaka, Bea Cukai bersama Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM) bersinergi melaksanakan operasi patroli terkoordinasi kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima) ke-25.

Patkor Kastima ini merupakan bukti eratnya hubungan bilateral kedua negara serumpun antara Indonesia dan Malaysia dalam bidang kepabeanan dan cukai yang telah terbangun dan secara kontinyu dilaksanakan satu tahun sekali sejak Juli 1994.

Operasi ini dibagi menjadi dua periode, yaitu 25A dan 25B yang dilaksanakan mulai dari 09 Agustus hingga 04 November 2019. Pembukaan dilaksanakan di Batam pada Kamis (8/8/2019) lalu dan penutupan dilaksanakan di Langkawi, Malaysia pada Kamis (7/11/2019).

Pada patroli terkoordinasi ini, sinergi antara Bea Cukai dan JDKM telah melakukan 143 pemeriksaan fisik kapal dan berhasil melakukan penindakan sebanyak 8 kali serta 1 kali Operasi Search and Rescue (SAR), dengan nilai barang sebesar Rp31 miliar dengan penyelamatan potensi kerugian negara sebesar lebih dari Rp2 miliar. Tingginya nilai barang tersebut dipengaruhi oleh penindakan atas narkotika jenis Shabu (Methampetamine) sejumlah 25kg di Lhokseumawe, Aceh.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi berharap dalam menjaring penyelundupan barang ilegal ini tak hanya melakukan peningkatan pada patroli laut saja, tapi juga pada ranah dunia maya (perdagangan online). "Pengawasan tentunya akan terus dikembangkan sejalan dengan berkembangnya teknologi, tidak terkecuali perdagangan melalui jaringan online akan kami optimalkan juga pengawasannya" tegasnya.

Selain itu, yang cukup menarik pada Patkor Kastrima kali ini yaitu diperkuat oleh srikandi-srikandi hebat yang ikut serta melaksanakan patroli laut. [*]

Komentar

x