Find and Follow Us

Selasa, 21 Januari 2020 | 02:54 WIB

Kemendes Harap Kagama Kontribusi Aktif untuk Desa

Senin, 18 November 2019 | 18:45 WIB
Kemendes Harap Kagama Kontribusi Aktif untuk Desa
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi berharap Komunitas Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) berkontribusi aktif membangun desa. Menurutnya, Kagama memiliki anggota yang sangat kompeten dalam menyumbangkan ide, gagasan, dan inovasi baru untuk perdesaan.

"Kita harus yakin mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada terwujudnya Kagama seperti yang dicita-citakan," ujarnya usai Musyawarah Nasional Kagama XIII di Hotel Ina Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2019).

Pada Musyawarah Nasional tersebut, Ganjar Pranowo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Kagama untuk periode 2019-2024. Anwar Sanusi sendiri yang merupakan Alumni Fisipol Universitas Gadjah Mada dan Ph.D lulusan National Graduate Institute for Policy Studies, Jepang ini, menjadi salah satu dari sembilan tim formatur yang akan menyusun kelengkapan kepengurusan.

"Kagama ke depan haruslah menjadi rumah besar yang selalu dirindukan semua anggotanya. Selamat atas terpilihnya kembali Ganjar Pranowo sebagai Ketua Umum dan selamat bekerja bagi tim formatur yang terpilih," ujarnya.

Sebelumnya, nama Anwar Sanusi masuk sebagai bursa yang diusulkan menjadi salah satu Calon Ketua Umum Tagama selain Budi Karya yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan Ganjar Pranowo yang saat ini juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Namun pada persidangna tersebut, Anwar Sanusi dan Budi Karya bermufakat untuk memilih Ganjar Pranowo sebagai Ketua Umum.

Di sisi lain, Sosiolog muda UGM, Dr. Arie Sujito mengatakan, Pasca Musyawarh Nasional tersebut, Kagama memiliki tantangan besar yakni mendorong agar para alumni UGM bisa berkontribusi strategis untuk bangsa.

"Itu artinya, para pengurus ke depan harus memiliki komitmen besar untuk menggalang energi, menopang kerja dan agenda kebangsaan. Selanjutnya sikap mendukung dan mengontrol jalannya pemerintahan agar makin mencapai demokrasi yang berkualitas dan kesejahteraan masyarakat dengan terus menjaga integrasi nasional," ujarnya.

Dengan tanggungjawab tersebut, lanjutnya, maka pengurus Kagama harus mencerminkan semangat keberagaman dan memiliki komitmen membawa Kagama sebagai organisasi alumni yang maju, disegani dan pro rakyat. [*]

Komentar

x