Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 03:45 WIB

PLN Gandeng 4 PTN dan LIPI Hadapi Era VUCA

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 28 November 2019 | 17:33 WIB
PLN Gandeng 4 PTN dan LIPI Hadapi Era VUCA
Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Guna meningkatkan kapasitas penelitian dan pengembangan (Litbang), PLN jalin kerja sama dengan empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Keempat PTN tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani mengakatan, kerja sama ini bertujuan untuk menjawab tantangan dunia kelistrikan yang tidak luput dari disrupsi teknologi yang menyebabkan keadaan VUCA (Volatile, Uncertainty, Complex, Ambiguous).

Kata Inten, PLN menyadari bahwa riset dan pengembangan berkualitas dan inovasi unggul, bisa diraih dengan membangun suatu sistem sinergi antara PLN dan Perguruan Tinggi serta Lembaga Penelitian lainnya.

Melalui perjanjian kerja sama ini, kata dia, seluruh pihak sepakat PLN untuk melakukan penelitian bersama (Joint Research) pada beragam bidang.

Penelitian ini penting dilakukan karena peran Litbang adalah sebagai indera dari perusahaan, yang diharapkan mampu menangkap signal dilingkungan bisnis PLN, untuk kemudian diproses menjadi pengetahuan dan rekomendasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.

"Sinergi PLN Puslitbang bersama empat PTN dan LIPI mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan melalui hasil riset dan pengembangan yang berkualitas, menghasilkan inovasi yang unggul," kata Inten di Gedung PLN, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dalam kesempatan ini dia mengatakan, PLN bersama PTN dan LIPI akan berkontribusi dalam penelitian Renewable Energy dan Energy Storage sebagai upaya elektrifikasi daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang sulit diakses, serta penerapan IOT kedalam jaringan listrik menjadi Smart Grid.

Kerja sama penelitian ini mencakup lima bidang yaitu pembangkitan, transmisi, distribusi, bisnis korporat, dan niaga. Dengan sinergi ini diharapkan dapat memberikan inovasi-inovasi guna pemutakhiran teknologi baik yang berkaitan dengan elektrifikasi dan operasional infrastruktur ketenagalistrikan, juga peningkatan pelayanan pelanggan.

Selain kerja sama di bidang bisnis ketenagalistrikan, PLN juga bekerjasama di bidang sosial yang berwujud program "Sustainable Development Goals (SDG) dan Micro, Small, Medium Sized Enterprise (MSME) Funding Programme" dengan menggunakan dana CSR PLN.

PLN bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI dengan penyaluran dana sebesar Rp207.999.930 untuk pengabdian masyarakat. Pada 2019 terdapat tiga program yang dijalankan yaitu Program Pencegahan Stunting di Banten, Modernisasi Produksi Black Garlic di Kelompok Wanita Tani di Sembalun Lombok, serta Pengembangan Usaha Bandeng Rorod Kampung Nelayan Bungin Bekasi.[jat]

Komentar

x