Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 04:43 WIB

PLN Selesaikan 16 Proyek GI dan Transmisi

Jumat, 29 November 2019 | 18:27 WIB
PLN Selesaikan 16 Proyek GI dan Transmisi
(inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT PLN (Persero) lewat anak usahanya PLN UIP Interkoneksi Sumatera Jawa menyelesaikan 16 Gardu Induk (GI), dan Transmisi 500kv serta 150kv.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengungkapkan, proyek yang tersebar di Banten dan Jakarta itu sudah beroperasi pada tahun ini. "Terimakasih rekan-rekan. Kami sampaikan proyek di lingkungan unit induk interkoneksi Sumatera Jawa sudah selesai, ada 16 prproyek dengan investasi sekitar Rp4,53 triliun," kata Haryanto pada wartawan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Haryanto mengatakan, pembangunan ini dalam rangka meningkatkan keandalan system, baik disisi 500kv dan 150kV. Kemudian sebagai upaya pemenuhan kelistrikan wilayah Banten dan Jakarta bagi pelanggan baru. "Ini menjadi wujud nyata kontribusi aktif meningkatkan keandalan listrik dan pemenuhan kebutuhan listtik," ujar Haryanto.

Menurut dia, Gardu Induk yang berada di Duri Kosambi akan menopang sistem kelistrikan di DKI Jakarta. Sementara GI di Lengkong akan menopang sistem di Tangerang Selatan. "GI Kosambi untuk menopang Jakarta. Dan satu lagi di Lengkong untuk Tangerang Selatan. Menopang pelanggan baru," kata dia.

Selain itu, penyelesaian 16 proyek itu sangat penting untuk mendukung program pemerintah dalam menarik investasi asing. Sebab, lanjut dia, keandalan listrik merupakan syarat mutlak bagi investor. "Tidak ada listrik, investor akan membatalkan niat mereka menanamkan modal," kata dia.

Dalam kesempatan ini dia mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mengerjakan proyek sambungan listrik Duri Kosambi-Muara Karang. Proyek ini ditargetkan selesai pada tahun 2020. "Nilainya kurang lebih Rp1,5 triliun. Ini kami sedang kerjakan," kata dia. [ipe]




Komentar

x